Jumat, 17 Januari 2014

[Indonesia] Ondel-Ondel Betawi



Saya pernah bertemu dengan ondel-ondel. Dulu sekali ketika masih kecil di Dunia Fantasi. Hanya satu yang saya ingat dari pengalaman itu. Yakni, ondel-ondel adalah sosok yang sangat menyeramkan! (bahkan sekarang pun kalau dilihat-lihat tetap seram ya haha). Padahal di Betawi, ondel-ondel adalah pertunjukkan rakyat yang biasanya berlakon memerankan leluhur/nenek moyang agar senantiasa menjaga anak cucu ataupun penduduk desa.

Ondel-ondel biasanya mempunyai tinggi 2,5 meter dengan diameter 80 cm. Terbuat dari anyaman bambu yang dirancang sedemikian rupa agar bisa 'diperankan' oleh manusia. Entah kenapa, biasanya ondel-ondel laki-laki dicat menggunakan warna merah sedangkan yang perempuan menggunakan warna putih. Mungkin hal ini terkait dengan sejarah masa lalu dimana semula ondel-ondel bergungsi sebagai penolak bala atau gangguan roh harus. Ya, merah kesannya berani, bukan? :)

Ini kartu pos meet up kesekian yang saya terima. Juga, kartu pos yang kesekian kalinya yang dikirimkan oleh mbak Tintin. Terima kasih banyak ya mbak :) mengenai doanya.... amin *tereak yang kenceng* :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar