Selasa, 28 Januari 2014

[Uzbekistan] Dzharkurganskiy Minaret



Sejauh ini, kartu pos bergambar Dzharkurganskiy Minaret atau Menara Masjid Jakurgan inilah yang pencarian informasinya cukup menyita waktu :) Padahal sebelum ini sudah dua kartu pos dari Uzbekistan saya ulas dan informasinya tersaji dengan mudah. Tulisan "Surxondaryo" yang berada di balik kartu pos mengarah kepada Provinsi Surxondaryo yang ada di Uzbekistan. Sedangkan "Djarqo'rg'on Minorasi" mengarah ke beberapa laman yang menggunakan huruf Rusia sehingga ketika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi Dzharkurganskiy Minaret dan... sayangnya Dzharkurganskiy Minaret kembali diterjemahkan oleh google ke dalam bahasa Rusia :D

Provinsi Surxondaryo adalah provinsi yang terletak di selatan Uzbekistan. Resmi didirikan pada tanggal 6 Maret 1941 dengan ibukota Provinsi bernama Termez. Namun sebetulnya Termez merupakan kota tua yang bahkan telah merayakan ulang tahun ke-2500 pada tahun 2002 silam. Pada abad ke-6 SM Kekaisaran Achaemenids sudah menyebut bahwa Termez adalah kota tua. Bahkan pada tahun 329 SM, Alexander Agung berhasil menaklukkan kota ini.

Nah, Jarkurgan Minaret atau Menara Masjid Jarkurgan sendiri dibangun pada tahun 1108 s.d 1109 atau awal abad ke-12. Terletak 60 km dari kota Termez tepatnya berada di sebuah desa kecil bernama Dzharkurgan. Menara masjid ini milik sebuah masjid besar yang dindingnya dilapisi oleh batu bata yang dibakar.

Bentuk gelombang yang ada pada menara sangat unik diantara struktur menara serupa yang ada di Asia Tengah. Hal ini lebih mencirikan bangunan Buddha yang ada di India dan Semenanjung Indochina. Struktur seperti ini memperlihatkan kesan kelembutan dan keanggunan yang membuat ornamen baru herringbone ini seperti jaringan lunak ketimbang struktur monumental.

Saat ini Menara Masjid Jarkurgan kehilangan tinggi aslinya. Kini tingginya hanya 21,6 meter dan diukur dan diperiksa langsung pada tahun 1927. Dan, di tahun 1948 di bawah kepemimpinan VP Petrov, menara ini kembali diukur secara detail. Sebagaimana fungsinya menara masjid, fungsi utama menara ini untuk muazin menyerukan azan. Dilain sisi, menara ini juga berfungsi sebagai menara pengawas di masa lalu. Jika penasaran ingin melihat menara ini ketika zaman dulu, silahkan klik disini. Alena, sekali lagi terima kasih atas kartu pos yang kamu kirimkan kepada saya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar