Senin, 27 Januari 2014

[Uzbekistan] Historic Centre of Shakhrisyabz : Aq-Saray Palace



Shakhrisabz adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Qashqadaryo. Terletak di Uzbekistan, negara pecahan Uni Soviet, tepatnya berada di sebelah selatan dari Samarkand. Shakhrisabz terletak di dataran dengan ketinggian 622 meter dan merupakan tempat kelahiran kaum Turko-Mongol pada abad ke-14. Turko-Mongol sendiri ialah julukan bagi para perantau yang hidup pada masa Kekaisaran Mongol.

Kota ini sebelumnya dikenal dengan nama Kesh yang berarti "menyenangkan hati". Sempat juga diidentifikasi sebagai Nautaca kuno. Shahrisabz adalah salah satu kota paling kuno di Asia Tengah. Didirikan lebih dari 2700 tahun lalu dan dari abad ke-6 hingga abad ke-4 SM kota ini menjadi bagian Kekaisaran Akhemenid.

Alexander Agung yang terkenal itu bahkan bertemu istrinya -Roxanna di kota ini takkala menghabiskan musim dingin pada tahun 328-327 SM. Di kota inilah pusat sejarah Shakhrisyabz berdiri. Di sini terdapat beberapa monumen yang secara kesatuan dilindungi oleh UNESCO pada tahun 2000 sebagai situs warisan dunia yang harus tetap dilestarikan.

Bangunan yang ada di kartu pos itu ialah Aq-Saray Palace yakni sebuah istana yang terletak di bagian timur laut Shahrisabz. Istana ini dibangun pada tahun 1380 dengan desain megah yang mencirikan periode Timurid. Istana ini sempat hancur sehingga bagian kubahnya yang konon setinggi 50 meter juga tak tersisa. Namun, fondasi gerbang besar tetap berdiri kokoh. Fondasi inilah yang nampak pada kartu pos ini. Uniknya, di gerbang masuk Aq-Saray terdapat sebuah tulisan yang berbunyi, "If you challenge our power - look at our buildings!" Wow! Untuk melihat istana ini secara lebih luas silahkan klik ini.

Prangko ini bertuliskan "So'zana Andijon" merupakan seri prangko keluaran Uzbekistan yang mendandai kesembilan belas ASR Ozbekistonning. Hmm, terus terang saya agak kurang paham apa maksudnya. Google translate pun tidak banyak membantu. Walau begitu, saya senang mendapatkan kartu pos dengan gambar sisa bangunan bersejarah ini. Luar biasa! Terima kasih Elena :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar