Minggu, 26 Januari 2014

[New Zealand] Aoraki / Mount Cook Mackenzie



Selamat datang di salah satu sudut indah dunia yang berada di Selandia Baru. Yakni sebuah wilayah bernama Aoraki dimana disinilah Mount Cook Mackenzie berdiri dengan gagah. Ini adalah,"magical part of the world," ujar situs Christchurchnz. Mount Cook sendiri ialah gunung tertinggi di Selandia Baru dengan ketinggian puncak hingga 3.724 meter. Gunung yang terdiri dari tiga puncak ini membentang di wilayah selatan dan menjadi tujuan wisata yang sangat populer.

Mount Cook ini berada di wilayah Canterbury yang merupakan kawasan taman nasional yang didirikan pada tahun 1953 bersamaan dengan Taman Nasional Westland, Taman Nasional Gunung Aspiring dan Taman Nasional Fiordland. Taman-taman ini mencakup 40% dari 700 km2 luas taman yang ada di Selandia Baru. Terdiri dari 140 puncak gunung dan 72 glester. Terkenal akan keindahannya yang luar biasa sehingga tercatat di UNESCO sebagai situs warisan dunia yang harus dilindungi.

Banyaknya wisatawan di tempat ini membuat pemerintah menyediakan Mount Cook Village alias pusat wisata dan base camp bagi para pendaki. Letaknya 7 km dari Tasman Glacier. Aoraki/Mt.Cook ini menerimah curah hujan orografis sepanjang tahun. Cuacanya berangin dan cukup lembab. Saya tidak tahu pasti apakah taman nasional inilah yang digunakan sebagai lokasi syuting pembuatan film The Lord Of The Rings. :)

Bagian prangko kartu pos ini memperlihatkan kota Queenstown, yakni kota resor di Otago bagian selatan. Kota ini merupakan pusat Central Otago terbesar. Beberapa tempat wisata terkenal berada di kota ini. Seperti Danau Wakatipu dan Queenstwon Hill. Terima kasih kepada Aaron yang terlah berbaik hari mengirimi saya kartu pos ini. Luar biasa senang rasanya! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar