Rabu, 15 Januari 2014

[Belgium] Castle of The Count



Dalam perburuan kartu pos dari seluruh dunia, saya berkenalan dengan Lara Van Houcke secara tidak sengaja karena sebelumnya saya mengira Lara berasal dari negara yang kartu posnya belum saya miliki. Namun, setelah saya melihat swap album miliknya, saya kepincut satu kartu bergambar kastil yang sangat indah. Terus terang, kastil ini adalah salah satu capture gambar yang menghiasi dekstop komputer saya hampir 2 tahun lamanya. Dengan seketika, saya meminta kepada Lara untuk mau swap postcard dengan saya dan... berhasil!

Dalam bahasa Belanda, benteng ini bernama "Castle of The Count" atau "Benteng Perhitungan" [?]. Namun di kota Ghent, Belgia (tempat dimana kastil ini berada), "Castle of The Count" juga dikenal dengan nama The Gravensteen. Kastil ini dibangun pada abad pertengahan. Tepatnya pada tahun 1180 oleh Philip I a.k.a Philip of Asalde (1143-1191).

Pada abad ke-9, di lokasi yang sama awalnya berdiri benteng/kastil yang terbuat dari kayu. Kastil ini pulalah yang turut menjadi saksi pada perang salib ke-2. Setelah digunakan hingga abad ke-14, kastil ini kemudian digunakan sebagai gedung pengadilan dan penjara hingga kemudian hancur termakan usia. Kastil ini pun sudah direncanakan akan dibongkar pada abad ke-19.

Kejelasan proyek renovasi akhirnya terbuka lebar pada tahun 1885 ketika pemerintahan kota Ghent mengambil alih kastil ini. Walaupun akhirnya kastil ini tetap diperbaiki dengan berbagai macam kecaman (karena sebagian masyarakat menilai bahwa renovasi itu akan menghilangkan bukti otentik sejarah yang ada) kini Gravensteen menjadi salah satu objek wisata utama yang ada di kota Ghent. Kastil yang megah dan dikelilingi oleh parit ini kini disulap menjadi museum kebanggan masyarakat Belgia.

The Gravensteen ini adalah salah satu kartu pos terbaik yang pernah saya terima. Lara, terima kasih banyak atas kiriman kartu pos indah ini. Sesuai dengan jargon blog ini, "menatap dunia melalu kartu pos." Sekarang, saya sudah 'mendatangi' kastil megah ini. Semoga suatu saat nanti saya bisa langsung berpose narsis di kastil ini. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar