Jumat, 17 Januari 2014

[Vietnam] "Ngidang" àla Ninh Thuan : Traditional Festival of Cham People



Ngidang adalah cara makan yang dulu sering dilakukan di masyarakat Sumatera Selatan khususnya kota Palembang. Di setiap hari besar seperti lebaran atau upacara pernikahan, tuan rumah biasanya ngidang alias menghidangkan makanan di lantai yang terbagi-bagi kedalam beberapa kelompok kecil yang biasanya terdiri dari 5 s.d 8 orang. Makan bersama-sama ini sudah jarang dilakukan karena dinilai tidak efisien dan juga merepotkan. Dilain sisi, tamu-tamu yang belum kebagian tempat terpaksa menunggu hingga lauk yang sudah habis diisi kembali oleh panitia konsumsi.

Ketika Mu Chu -postcrosser baik hati dari Vietnam memperlihatkan beberapa kartu pos miliknya, saya langsung tertarik memilih kartu pos ngidang àla masyarakat Vietnam di provinsi Nint Thuan ini. Acara makan bersama ini adalah salah satu dari sekian banyak prosesi festival tradisional masyarakat Cham dimana festival ini biasanya diadakan di pagi hari setiap tanggal 25 September. Atau hari ke-30 di bulan ke-6 kalender masyarakat Cham. Festival ini juga dihiasi dengan tarian dan permainan rakyat juga demonstrasi pembuatan kain tenun brokat dan tembikar.

Selain di provinsi Nint Thuan, festival ini juga diadakan di beberapa provinsi lainnya. Festival ini diselenggarakan untuk mengungkapkan rasa hormat dan terima kasih kepada dewa mereka (terutama di candi Po Nugar di desa Huu Duc). Festival ini adalah acara yang penting bagi masyarakat Cham. Dalam satu kali penyelenggaraan, partisipan yang ikut biasanya lebih dari 40 ribu orang. Oh ya, untuk melihat acara adat di festival ini, silahkan berkunjung ke situs vietnamnet dot vn ini ya. Mu Chu... sekali lagi terima kasih atas kartu pos yang keren ini ya :) cảm ơn bạn đã bưu thiếp xinh đẹp này ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar