Senin, 27 Januari 2014

[Indonesia] Tahun Kuda di Lawang Sewu



Menyongsong pergantian tahun ala kalender Tionghoa yakni menuju Tahun Kuda (seperti kartu pos official dari Jepang yang saya terima sebelumnya) saya menerima kartu pos black & white ini lagi-lagi dari mas Wib setelah sebelumnya saya menerima beberapa kartu pos yang memperlihatkan sisi-sisi Jakarta.

Walau begitu, yang menjadi perhatian saya adalah gedung yang menjadi latar belakang kesatria berkuda ini :) Setelah memastikan di google, ternyata benar dugaan saya bahwa itu adalah Lawang Sewu, bangunan tua yang berada di kota Semarang yang dulunya merupakan kantor dari NIS atau Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij perusahaan kereta api Hindia-Belanda yang dibangun pada tahun 1904 hingga 1907.

Lawang Sewu artinya Seribu Pintu karena gedung ini memiliki pintu yang sangat banyak walaupun pada kenyataannya jumlah pintu di Lawang Sewu tidak sampai 1000 buah. Lawang Sewu terletak di bundaran Tugu Muda, tugu yang sekilas mirip obelisk yang dulu disebut Wilhelminaplein. Ini adalah gedung yang bersejarah karena menjadi lokasi pertempuran hebat antara Pemuda AMKA melawan Kempetai dan Kodobutai yang merupakan satuan militer Jepang. Mas Wib, terima kasih kartu posnya :) semoga suatu hari nanti bisa foto dan narsis-narsis di gedung bersejarah ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar