Sabtu, 18 Januari 2014

[Sri Lanka] Beautiful Galle City



Inilah kota terbesar keempat yang ada di Sri Lanka setelah kota Kolombo, Kandy dan Jaffna. Kota yang terletak di ujung barat daya ini pernah didatangi oleh penjelajah terkenal dunia -Ibnu Batuta, pada abad ke-14. Walaupun pada saat itu Ibnu Batuta mengenal kota ini dengan nama Qali, namun sekarang ibu kota adminstratif Provinsi Selatan ini dikenal dengan nama Galle.

Galle juga dikenal dengan nama Gimhathiththa sebelum kedatangan bangsa Portugis pada abad ke-16. Hingga abad ke-18, Galle menjelma sebagai kota pelabuhan utama dan mencapai puncak perkembangannya pada saat priode kolonial Belanda. Kota ini pernah menjadi contoh sebagai kota Benteng terbaik karena arsitekturnya yang sangat gemilang. Kota tua Galle bahkan masuk dalam Situs Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO.

Saya pernah menyaksikan kota cantik ini di reality show favorit saya. The Amazing Race :) tepatnya di penayangan musim ke-6. Pada saat itu para konsestan mengunjungi pelabuhannya yang memang menjadi salah satu landmark terkemuka di kota Galle. Sayang, tsrunami dahsyat pada 26 Desember 2004 menerjang kota ini sehingga ribuan orang tewas (hal yang sama terjadi di Aceh, Indonesia). Kini kerusakan pasca tsunami sudah diperbaiki.


Galle adalah rumah bagi olah raga kriket. Stadion International Galle bahkan dianggap salah satu stadion kriket terbaik di dunia. Oh ya, perangko yang ada di kartu pos ini memperlihatkan Balustrade atau dalam bahasa setempat disebut Korawakgala. Yakni ornamen ukiran yang terdapat di salah satu kuil di Sri Lanka. Motif yang ada di perangko ini disebut Makara Gala atau Naga Batu, hewan imajiner kepercayaan warga Sri Lanka. Kartu pos ini indah sekali :) Hasara, terima kasih ya atas kiriman kartu posnya ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar