Jumat, 03 Januari 2014

[Philippines] Rajah Sulayman Park



Taman Rajah Sulayman atau juga Plaza Rajah Sulayman adalah sebuah lapangan umum yang berada di Malate, Manila, Filipina. Pada zaman kolonial Spanyol, lapangan terbuka ini terletak diantara Teluk Manila dan Gereja Malate. Taman ini dinamakan Rajah Sulayman Park untuk menghormati Rajah Sulayman, raja terakhir di Filipina.

Heh, tunggu, nama itu sangat familiar bukan? apakah Rajah Sulayman yang dimaksudkan warga Filipina ini sama dengan Nabi Sulaiman yang dipercaya oleh umat Islam? rasa penasaran membuat saya menelusuri lebih jauh hingga menemukan artikel wikipedia ini. Dalam artikel itu, disebutkan bahwa Rajah Sulayman (1558-1575) adalah raja muslim/Islam dari Maynila (apakah ini maksudnya Manila?) yakni sebuah kerajaan di Sungai Pasig yang bermuara pada Manila Bay. Ketika pasukan Spanyol mendatangi Filipina, Rajah Sulayman melakukan perlawanan sehingga Spanyol berhasil ditaklukan dari kerajaan delta Sungai pasig di awal tahun 1570-an.

Melalui sebuah kartu pos lagi-lagi saya mendapatkan informasi yang baru. Dan, suatu hari nanti saya harus mendatangi taman ini dan melihat secara langsung keindahan yang ditawarkan. Menurut informasi yang ada dibalik kartu pos, kawasan ini juga (tidak jauh) berada di area Intramuros. Kawasan tua di Manila. Pitsa, terima kasih atas kiriman kartu pos yang keren ini ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar