Minggu, 26 Januari 2014

[China] The Shanghai Customs House



The Shanghai Customs House adalah bangunan 8 lantai yang terletak di kawasan The Bund yang merupakan daerah tepi pantai di pusat kota Shanghai. Saya pernah melihat kawasan ini di salah satu episode The Amazing Race :) Nah, The Shanghai Customs House sendiri dibangun pada tahun 1927 yang sekarang menjadi salah satu simbol bangunan terkenal di kawasan The Bund.

Gedung ini pertama kali didirikan pada akhir abada ke-17 ketika Kaisar Kangxi mencabut larangan terhadap perdagangan laut setelah berhasil menaklukkan Taiwan. Untuk memfasilitasi perdagangan di sepanjang pantai timur Cina, pemerintah Qing menyiapkan 4 rumah di pesisir Jiangnan, Zhejiang, Fujian dan Guangdong. Ke-4 rumah ini dikenal dengan nama Jiangnan Customs House atau Jiang Haiguan.

Shanghai berkembang pesat dengan jalur perdagangannya yang luar biasa. Karena keadaan ini, Gubernur Shanghai kemudian memindahkan rumah adat di dalam konsesi Inggris. Nah, rumah inilah yang sekarang dibangun dikawasan The Bund. Rumah ini dikenal dengan nama New Customs House. Namun sayang pada tahun 1853 pemberontak masyarakat membakar rumah tersebut.

Fitur paling terkenal dari Customs House ini adalah menara jam yang menawarkan pemandangan ke seluruh pusat kota Shanghai. Jam ini dibangun dengan mekanisme yang sama dan disesuaikan dengan desain Big Ben yang ada di Istana Westminster, London. Terdapat 5 panel di menara ini yang sekaligus menjelaskan sejarah bangunan dalam bahasa Cina. Namun sayang, menara ini tertutup untuk publik dan hanya dibuka jika ada kunjungan pejabat.

Ini adalah kartu official postcrossing kedua saya yang dikirimkan dari China. Saya suka dengan kartu pos ini karena memang tema gedung dan bangunan berada di daftar teratas list kartu pos yang saya inginkan. Terima kasih Daisy atas kartu pos ini. Saya juga senang dengan prangko dan sapaan hangatnya di kartu pos tersebut. 非常感谢你的好意

Tidak ada komentar:

Posting Komentar