Minggu, 26 Januari 2014

[Philippines] Fort Santiago



Benteng Santiago adalah benteng pertama yang dibangun oleh Miguel Lopez de Legazpi, penakluk asal spanyol demi mendirikan kota baru Manila di Filipina. Ada sebuah bagian yang disebut Intramuros (berarti : "di dalam dinding" -seperti yang ada di gambar kartu pos) yang merupakan bagian dari struktor kota bertembok yang ada di Manila. Beberapa orang tewas di penjara Benteng ini selama periode kolonial Spanyol dan Perang Dunia II. Salah satunya adalah Jose Rizal, pahlawan nasional Filipina yang dipenjara disini sebelum dieksekusi pada tahun 1896.

Terdapat The Rizal Shrine Museum disini yang menampilkan memorabilia dari pahlawan Jose Rizal yang memperlihatkan beberapa koleksi peninggalannya serta jejak terakhirnya dari sel menuju lokasi eksekusi. Karena itu pula ini adalah benteng yang sangat bersejarah di Filipina. Dulu, lokasi Benteng Santiago ini pernah menjadi lokasi Benteng Palisaded yang dulu digunakan oleh Raja Sulaiman (mengenai Raja Sulaiman silahkan lihat di kartu pos pertama yang dikirimkan Pitsa untukku.)

Selama Perang Dunia II, Benteng ini dikuasi oleh tentara kekaisaran Jepang. Penjara dan ruang bawah tanah yang ada di benteng ini digunakan untuk penyimpanan mesiu dan sebagai tempat menahan ratusan tawanan. Benteng ini diserbu oleh militer Amerika dan Filipina selama Perang Manila pada bulan Februari 1945. Kurang lebih 600 tentara Amerika tewas karena mati kelaparan setelah ditahan di penjara bawah tanah Benteng Santiago. 

Ini adalah kartu pos yang sangat keren! saya suka sekali. Semoga suatu hari nanti bisa berkunjung langsung ke Benteng Santiago ini. Pitsa, sekali lagi terima kasih ya atas kiriman kartu pos ini. :) ขอบคุณมากสำหรับความมีน้ำใจของคุณ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar