Minggu, 26 Januari 2014

Dari Dawet Ayu Hingga Timun Mas


Dawet Ayu adalah minuman khas dari Banjarnegara. Biasanya minuman tradisional ini mudah ditemukan di pasar-pasar dan di lingkungan masyarakat. Biasanya dijajakan menggunakan gerobak panggul seperti yang ada di kartu pos ini :) Mengenai penamaannya sendiri, terdapat beberapa versi sejarah. Diantaranya, versi penulis terkenal Ahmad Tohari yang berkata bahwa berdasarkan cerita tutur turun-temurun ada sebuah keluarga yang berjualan dawet sejak awal abad ke-20. Nah, generasi ketiga pedagang ini terkenal karena memiliki paras cantik. Maka, dawet yang dijual pun dinamakan Dawet Ayu.


Cerita Timun Mas atau Timun Emas adalah salah satu cerita rakyat yang menemani keseharian saya ketika melalui masa kecil :) Saya beruntung bisa menyerap intisari dan moralitas cerita dimana sebagian besar anak zaman sekarang semakin jauh dari cerita yang mengandung unsur pendidikan budi pekerti ini. Menarik sekali melihat sebuah ceita rakyat 'diterjemahkan' dalam cerita dan gambar di sebuah kartu pos :) keren!

Kedua kartu pos ini adalah sebagian kecil kartu pos pemberian mbak Donna Dwinita atas GA Postable yang beliau adakan. Sungguh ini kejutan yang menyenangkan mbak Donna :) terima kasih banyak ya! oh ya, ini dia kartu pos-kartu pos lain yang mbak Donna kirimkan kepada saya. Semuanya mint! ^_^ ya semoga nanti bisa digunakan untuk official postcrossing atau swap. :)




Yang dibawah ini Best Wishes Series :)

Menerima Dobel Kartu Pos Ini :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar