Kamis, 23 Januari 2014

[Italy] Luca Della Robbia




Luca Della Robbia (1399-1482) adalah seorang pematung terkenal asal Florence, Italia. Luca berhasil mengembangkan teknik pembuatan patung yang bisa bertahan lama jika dipajang di luar ruangan. Dua karyanya yang paling terkenal adalah The Nativity yang dibuat tahun 1460 dan satu lagi yang juga merupakan model gambar kartu pos ini yakni Modonna and Child atau Madonna Del Roseto yang dibuat pada tahun 1475.

Madona Del Roseto atau The Madonna of The Rose Garden adalah lukisan panel yang disimpan di Museum of Castelvecchio di kota Verona. Lukisan ini dianggap karya bergaya gothic paling signifikan di Italia. Makna lukisan ini diwakili oleh keberadaan taman conclusus dimana taman itu berpagar dan berpola mawar yang menggambarkan simbol keperawanan.

Della Robbia dipuji oleh rekan senegaranya yakni Leon Battista Alberti dan dibandingkan dengan pematung Donatello dan Lorenzo Ghiberti. Dinasti selanjutnya yang mengikuti jejal Luca Della adalah Andrea della Robbia (keponakan Luca) dan Giovanni della Robbia (anak Andrea).

Ini kartu pos lintas negara :) kartu pos dari Italia ini juga ditempeli dua perangko asal Malawi dan Swaziland. Prangko Malawi memperlihatkan Elegant Grasshopper/Zonocerus elegans aka belalang. Belalang terkenal dengan lompatan atletik dan suaranya yang khas. Beberapa speciesnya beracun dan banyak ditemukan di Afrika Selatan hingga ke Mozambik, Malawi, Zimbabwe, Angola dan Zaire. 

Prangko kedua bergambar Inkhonyane dalam seri prangko Swazi Finery dari negara Swaziland sebuah negara kecil di Afrika Selatan. Dari pencarian yang saya lakukan Inkhonyane banyak membahas mengenai flora. Hmm, agak kurang nyambung ya. Itupun ketika saya menemukan sebuah tulisan berbahasa zulu. Bagi yang punya informasinya boleh dong saya dibagi :)

Nah perangko ketiga menegaskan dari mana kartu pos ini dikirimkan. Yup, kartu pos lintas negara ini dikirimkan dari Indonesia. Tepatnya dari Tegal, Jawa Tengah. Prangko ketika memperlihatkan gambar Gereja Pohsarang yakni sebuah gereja katolik roma yang terletak di desa Pihsarang kecamatan Kediri di kaki Gunung Wilis, Jawa Timur. Lalu siapa yang telah mengirimi saya kartu pos ini? Dia adalah mas Sergio Noffar. Ini adalah surprise card. Dan… saya memang terkejut aka kaget ketika mendapatkan kartu pos ini. Mas Sergio, terima kasih banyak ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar