Kamis, 23 Januari 2014

[Bahrain] Amwaj Island



 


Pulau Amwaj adalah kumpulan pulau buatan yang terletak di Teluk Persia tepatnya sebelah timur laut dari Bahrain. Pulau seluas 30 juta kaki persegi ini adalah proyek ambisius rintisan pemerintah Bahrain yang menawarkan 100% kepimilikan tanah kepada ekspatriat yang tinggal di Bahrain.

Dari perspektif rekayasa pembuatannya, Pulau Amwaj memperkenalkan sejumlah teknologi baru termasuk geotubes untuk tahap reklamasi pulai serta jalur pembuangan kotoran dan jaringan serat optik serta teknologi ‘Kota Pintar’ lainnya. Pulau ini terhubung oleh sebuah jalan sepanjang 1,8 km. Berbagai fasilitas penting seperti sekolah, rumah sakit, stasiun bahan bakar, taman hiburan tersedia di pulau Amwaj ini. Bahkan jarak antara pulau dan Bandara Internasional Bahrain hanya 8 km.

Di sebelah kiri kartu pos terdapat gambar gedung Bahrain Financial Harbour yakni komplek komersial yang terletak di sebelah jalan Raja Faisal dan letaknya berdekatan dengan beberapa gedung terkenal lainnya (seperti Abraj Al Lulu dan National Bank of Bahrain). Bangunan ini terdiri dari dua menara kembar (timur dan barat) dan memiliki ketinggian 260 m serta tercatat sebagai menara tertinggi di Bahrain.

Beranjak ke sisi kanan kartu pos, kita akan melihat Bahrain World Trade Center. Yakni gedung setinggi 240 meter yang berada di kota Manama, Bahrain. Gedung yang dibangun pada tahun 2008 ini adalah geding pencakar langit pertama di dunia yang mengintegrasikan turbin angin kedalam desainnya. Karena itulah gedung ini sempat mendapatkan beberapa penghargaan diantara lain LEAF Award dan Sustainable Design Award dari The Arab Construction. Terima kasih banyak kepada Edwin atas kartu pos ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar