Minggu, 26 Januari 2014

Pesawat Buru Sergap TNI Angkatan Udara



Bisa dibilang, hampir tiap minggu saya menerima kiriman kartu pos dari mbak Tintin. Rasanya ucapan terima kasih saya tidak cukup. Semoga kelak bisa bikin suatu yang menyenangkan dan membahagiakan untuk emak mami yang baik hati ini hihi. :) Nah, kali ini mbak Tintin mengirimi saya kartu pos bergambar pesawat Sukhoi TS-2705. Ini adalah pesawat buru sergap milik TNI Angkatan Udara.

Apa itu pesawat Buru Sergap? Pasti kalian pernah menonton film dimana digambarkan jika sebuah pesawat masuk ke wilayah sebuah negara tanpa izin (terlebih jika wilayah terlarang jalur penerbangan) pasti akan ada pesawat cepat yang mengejar bukan? nah saya kira pesawat seperti inilah arti dari pesawat Buru Sergapp itu. Hal ini tertulis disebuah artikel online disini.

Saya juga akhirnya baru mengerti bahwa semua penerbangan seharusnya tercatat dalam rencana penerbangan Flight Clearance Information System (FCIS). Nah ketika ada sebuah pesawat terdeteksi jaringan radar udara Komando Pertahanan Udara Nasional Indonesia (Kohanudnas) namun tidak tercatat di FCIS maka pesawat itu dikategorikan penerbangan gelap (black flight). Pada saat itulah Sukhoi Buru Sergap dioperasikan. Keren ya? :) mbak Tintin, sekali lagi terima kasih ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar