Sabtu, 18 Januari 2014

[Bulgaria] Folk Traditions In Bulgaria



Bisa dibilang hampir setiap negara pasti memiliki ciri khas dan kebudayaanya masing-masing. Sebagai warga Indonesia, saya patut berbangga karena Indonesia sangat kaya budayanya. Nah, melalui kartu pos ini, saya diajak untuk mengenal lebih banyak tentang kebudayaan di negara yang beribukotakan Sofia ini.

Pakaian tradisional di Bulgaria biasanya terdiri dari celana, kemeja dan rompi bermotif bagi pria. Untuk wanita, biasanya menggunakan gaun terusan dan juga celemek. Baik pakaian pria ataupun wanita, sama-sama dihiasi dengan bordir khas negara Bulgaria. Warna hitam, hijau dan putih merupakan bagian dari pakaian tradisional negara yang memiliki jumlah penduduk 7,36 juta jiwa ini.

Pakaian ini pula yang biasanya mereka kenakan ketika bermain musik. Musik Bulgaria menggunakan berbagai instrumen yang khas. Biasanya mengadopsi varian instrumen tradisional Asia seperti "Saz" dan "Kemence". Alat musiknya juga beragam. Diantaranya Gaida dan Kaval. Karena penasaran, saya sempat mencari video pertunjukan kesenian tari dan musik dari Bulgaria di youtube. Dan ini dia salah satunya. :)


Indah sekali ya :) saya suka melihat kekompakan para penari yang ada di video ini. Pakaian yang mereka kenakan juga sangat khas dan tradisional. Hal ini menunjukkan Bulgaria punya jati diri bangsa. Dan, menurut saya, musiknya mirip dengan melodi lagu-lagi dari timur tengah. :) Ivka, Благодаря ви много за тази красива картичка terima kasih atas kartu pos yang keren ini. Semoga suatu hari saya bisa melihat langsung pertunjukan seni tradisional Bulgaria :)


15 komentar:

  1. Ini swap ama Ivka ya? Aku juga swap ama dia.. dikirimin mapcard Bulgaria, ada gambar orang pake baju tradisional juga... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak :) ooh yaaa aku tahu kartu yang mbak maksud. Yang itu cakep juga euy :)

      Hapus
  2. Waah, Ivka ini temen asli Bulgaria sana, Kak? Kereeen, Gimana bisa dapat postcard kece gini sih Kak? Aku sih pernah dapat postcard dari Jepang, tapi sama temen yang kuliah di sana :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, dia asli orang sana. Ada komunitasnya ini mbak dulu, atau juga random nyari kenalan di FB dan minta tolong. Sering ditolak, tapi ada juga yang berbaik hati mau ngirimin :)

      Hapus
  3. Wah, bagus banget postcard nya, btw lvka ini teman asli Bulgaria kah?? pasti seru banget ya punya teman antar negara bisa sharing perihal tradisi negara masing - masing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya temen asli sana. Sayangnya lost contact karena FB lamaku hilang.

      Hapus
  4. Hebat banget kak Yayan punya sahabat pena dan bisa kirim2 surat lewat kartu pos. Kita jadi mengenal dan bertukar info dengan budaya lain. kapan2 ajarin tutorialnya dong cara dapetin temen dari LN?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada komunitasnya Mol. Kalau di FB coba klik "Komunitas Postcrossing Indonesia"

      Kalau yang internasional coba klik postcrossing.com

      Hapus
  5. Keren banget bisa punya temen lintas Negara. Seru banget pasti ya bisa tukeran cerita atau bahas culture antar negara gitu. Tapi, kadang Vina suka tertarik dengan Tradisi suatu tempat gitu, pasti unik gitu. Kaya tariannya, belum lagi bahasa yang digunakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, walaupun bisa googling untuk cari tahu, tapi sensasinya beda kalau beneran dapet langsung dari sana :)

      Hapus
  6. Seru banget ya Om bisa mengenal budaya lain melalui pertemanan seperti ini, di era digital gini masih tetap ada kartu pos dan bisa saling bertukar cerita dengan orang lain di belahan dunia sana.

    BalasHapus
  7. lihat kartu posnya mengingatkanku pada zaman sd sampe sma dulu, suka kirim-kirim surat dan ditempeli prangko di amplopnya. ahhh, kangen masa-masa itu deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kangen banget. Sampe kirim kartu lebaran aja dulu rutin hahaha

      Hapus
  8. ooo itu tarian asli bulgaria ya.. dia ada pengaruh dari negara lain gak sik

    BalasHapus