Sabtu, 18 Januari 2014

[Israel] The Dome of Rock



The Dome of Rock adalah nama lain dari Qubbat As-Sakhrah yang berada di kawasan Temple Mount yang ada di kota tua Yerusalem. Masjid ini selesai dibangun pada tahun 691 atas perintah Khalifah Umayyah Abd Al-Malik selama periode second fitna atau perang saudara Islam kedua dimana priode ini terhadi gangguan politik dan militer di kerajaan Islam selama dinasti awal Umayyah.

Struktur kubah As-Sakhrah inilah yang disebut dengan dome of the rock atau kuba batu. Tempat ini adalah tempat suci umat Islam dan Yahudi. Markah tanah utamanya terletak di tengah-tengah tembok komplek Al-Haram asy-Syarif dan merupakan bangunan Islam tertua yang masih ada di dunia! Masjid Al-Aqsa juga berada tidak jauh dari As-Sakhrah ini.

Kenapa As-Sakhrah menjadi tempat suci bagi umat Yahudi dan Islam? disinilah terdapat batu Ash-Shakhrah yang disucikan oleh umat Yahudi. Ditempat lain, terdapat batu besar yang penah digunakan oleh nabi besar Muhammad Saw dalam peristiwa Isra dan Mi'raj. Walaupun secara arsitektur bangunan ini mirip dengan masjid namun sesungguhnya ini bukanlah masjid. Hanya memang dikenal sebagai nama lain Masjid Omar karena merupakan tempat Khalifah Umar bin Khattab shalat ketika tiba di kawasan Baitulmuqaddis ini.

Beberapa bangunan lain di beberapa negara terinspirasi arsitektur As-Sakhrah yang indah ini. Sebut saja Gereja Oktagonal St.Giacomo yang berada di Italia. Makam Sultan Sulaeman di Istanbul atau bangunan segi delapan Moorish Revival Rumbach yang ada di Budapest. Perangko yang ada di kartu pos ini juga indah. Bertuliskan, "water - the source of life". Yanita, terima kasih atas kartu pos kejutan ini. :)

2 komentar:

  1. yeiii finally, sampai juga. Oia itu yang prangkonya (tanpa e yaa) itu merupakan proses perubahan air laut sehingga menjadi layak pakai, istilahnya Israel Water Revolution :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh PRangko ya, bukan PERangko haha.
      Makasih info tambahannya (y)

      Hapus