Rabu, 15 Januari 2014

[Lithuania] Mari Mengenal Lietuva



Lietuva adalah sebutan bagi Republik Lithuania oleh masyarakat Lithuania itu sendiri :) Lithuania adalah negara yang berada di Eropa Utara dan negara Baltik terbesar diantara kedua negara lainnya -Estonia dan Latvia. Negara yang beribukotakan Vilnius ini awalnya terdiri dari berbagai suku Baltik hingga pada tanggal 6 Juli 1253 oleh raja Mindaugas, Lietuva akhirnya dapat disatukan.

Lithuania benar-benar dinyatakan berdaulat di akhir Perang Dunia I. Momen ini ditandai dengan ditandatanganinya 'Lithuania Act of Independence' pada tanggal 16 Februari 1918. Namun, pada tahun 1940, Lithuania diduduki oleh Uni Soviet dan kemudian Nazi. Sejarah panjang kemerdekaan Lithuania kembali terulang pada akhir Perang Dunia ke-2 di akhir tahun 1944 ketika Jerman mundur. Namun Uni Soviet kembali menduduki Lithuania hingga akhirnya Uni Soviet pecah dan pada tanggal 11 Maret 1990 Lithuania resmi menjadi negara republik pertama yang merdeka setelah setahun pecahnya Uni Soviet.

Kini, Lithuania berkembang sangat pesat. The United Nations Human Development Index mencatat Lithuania sebagai negara dengan pembangunan sumber daya manusia tertinggi. Lithuania juga kini tergabung dalam Uni Eropa dan mencatatkan prestasi dengan menduduki peringkat ke-17 di dunia dalam Ease of Doing Business Index. 

Nah, berdasarkan gambar yang ada di kartu pos ini, mari saya ajak untuk mengenal sekilas lebih dekat mengenai 9 daerah yang ada di kartu pos tersebut.
  • Kernave : Daerah ini merupakan objek wisata yang terkenal karena disini terdapat situs arkeologi yang pada tahun 2004 terdaftar dalam Unesco World Heritage Site.
  • Trakai : Trakai adalah sebuah kota dan danau resort bersejarah di Lithuania. Menjadi tujuan wisata populer di Lithuania karena tempat ini dibangun dan dipelihara oleh orang-orang dari kebangsaan yang berbeda.
  • Vilnius : Inilah ibukota negara sekaligus kota terbesar yang ada di Lithuania. Kota ini juga dilindungi oleh Unesco sejak tahun 1994 karena dikenal sebagai kota tua dengan arsitektur bangunan yang sangat indah.
  • Klaipeda : Kota yang terletak di muara sungai Dane ini merupakan kota terbesar ketiga di Lithuania yang memiliki sejarah yang rumit karena daerahnya terdiri dari gabungan beberapa daerah pelabuhan.
  • Kaunas : Kota ini sempat menjadi ibukota sementara selama periode perang dunia. Kaunas terletak di pertemuan dua sungai terbesar di Lithuania. Yakni sungai Nemunas dan sungai Neris.
  • Anyksciai : Ini adalah kota resor ski sekaligus kota tertinggi yang ada di Lithuania. Terdapat sebuah gereja yang sangat terkenal di sini. Yakni gereja Katolik Roma St Matthias dengan menara berukuran 78 meter.
  • Kryžių Kalnas : Atau yang lebih dikenal sebagai The Hill of Crosses adalah sebuah situs ziarah yang berada di 12 km kota Siauliai di Lithuania utara. Terdapat lebih dari 100 ribu salib di situs ziarah ini.
  • Kursiu Nerija : Ini adalah salah satu dari lima taman nasional yang ada di Lithuania. Didirikan pada tahun 1991 untuk melindungi ekosistem unik dari curonian spit dan curonian lagoon.
  • Palanga : Palanga adalah kota resor di tepi laut Lithuania barat. Merupakan resor musim panas tersibuk karena banyak didatangi wisatawan mengingat tempatnya berada di tepi laut Baltik.
Itu dia informasi singkat mengenai 9 tempat yang ada di kartu pos ini. Pertanyaan selanjutnya, siapakah sosok yang ada di dalam perangko tersebut? beliau adalah duo pilot bernama Stephen Darius dan S.Girenas yang menerbangkan pesawat eksperimental yang berhasil menyeberangi laut Atlantik pada tahun 1933. Namun sayangnya ketika akan kembali ke kota Kaunas, pesawat yang mereka tumpangi hancur dan hilang secara misterius. 

Wah, lumayan juga ya bisa mendapatkan beberapa informasi tentang Lithuania dari selembar kartu pos. Lalu siapa sosok berjasa yang telah mengirimi saya kartu pos ini? dia adalah pasangan pejalan Mia Gelato Traveler dan Jacknass traveler. Pasangan kompak yang kini sedang menjelajahi benua biru. Aaa... ini adalah kartu pos Lithuania pertama yang saya terima. Jangan tanya gimana rasa senang yang saya rasakan. ^^ Terima kasih banyak ya Mia. Semoga perjalanannya senantiasa lancar dan makin banyak negara di dunia ini yang mampu dijejaki. Amin :)

PS : *Pesan sponsor* "Jangan kapok kirimin saya kartu pos ya" :)

2 komentar:

  1. Hi omdnutt, terima kasih doanya :) Semoga omnduut juga bisa menjelajahi negara-negara dari kartu pos sudah didapatnya. Amin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya Mia :)
      Sekali lagi, semoga makin seru jalan-jalannya. Salam buat mas Jack :D

      Hapus