Senin, 27 Januari 2014

[Portugal] Restauradores Square In Lisbon



Lisbon atau dalam bahasa Portugis disebut Lisboa adalah kota terbesar sekaligus ibukota Portugal. Letaknya berada di sisi paling barat Eropa serta ibukota negara satu-satunya yang berada di sepanjang pantai Atlantik tepatnya terletak di barat Semenanjung Iberia di Samudera Atlantik. Lisbon adalah kota tua di dunia. Bahkan di Eropa Barat kota ini lebih dulu terbentuk ketimbang kota moderen lain seperti London, Paris dan Roma.

Julius Caesar membangun sebuah municipium (kota) yang disebut dengan Felicitas Julia atau Olissipo. Diperintah oleh serangkaian suku Jermanik pada abad ke-5 hingga kemudian kekuasaan beralih ke bangsa Moor pada abad ke-8. Pada tahun 1147 tentara salib di bawah kepemimpinan Afonso Henriques berhasil merebut kembali kota Lisbon dan sejak saat itulah Lisbon menjadi pusat politik, ekonomi dan kebudayaan di Portugal.

Gambar utama yang ada di kartu pos itu ialah Restauradores Square atau alun-alun yang berada di kota Lisbon. Alun-alun ini dibuat sebagai dedikasi untuk restorasi kemerdekaan Portugal pada tahun 1640. Terdapat sebuah Obelisk di tengah alun-alun yang diresmikan pada tahun 1886. Alun-alun ini dikelilingi oleh bangunan yang dibuat antara abad ke-19 hingga ke-20. Diantaranya keberadaan Palacio Foz, sebuah istana abad ke-18 dengan dekorasi interio yang sangat indah.

Prangko yang ada di kartu pos ini memperlihatkan salah satu ornamen yang terdapat di Castle de São Jorge (ya ampun! saya pingin punya kartu pos ini!). Sebuah Istana Moor yang terdapat di puncak bukit yang menghadap ke kota Lisbon dan Sungai Tagus. Prangko ini juga menyinggung mengenai Aga Khan Award for Architechture, dimana YB Mangunwijaya pernah mendapatkan penghargaan ini atas karya Tepi Kali Code-nya. Walau begitu saya tidak menemukan korelasi antara penghargaan ini dan Kasil Sao Jorge. Hmm... :) Terima kasih banyak Ana atas kartu pos yang indah dan keren ini :) Muito obrigado por este belo cartão postal.

4 komentar:

  1. Selamat malam. Mampir nih....

    Bagus blognya, lebih khusus. Hobby yang keren ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak Rien :D
      Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Capcay kode akan segera dimusnahkan hahaha *tertawa ala raksasa* :D

      Hapus
    2. wakakak....ngeri saya bayanginnya ketawa ala raksasa :))

      Tenang aja, gpp. Kan baru ini ya blognya. Pelan2 aja.

      Hapus
    3. Haha :) banyak yang kudu dibenahi nih blognya. Masih meraba-raba menggunakan blogspot :D

      Hapus