Jumat, 02 Mei 2014

[Cocos Keeling Islands] Cabbage Patch in Indian Ocean



The Territory of Cocos (Keeling) Islands sering juga disebut sebagai Kepulauan Cocos dan Kepulauan Keeling yakni kepulauan yang termasuk ke dalam wilayah Australia,  terletak di Samudera Hindia tepatnya sebelah barat daya dari Christmas Island dan sekitar tengah-tengah antara Australia dan Sri Lanka. Jika dilihat dari peta kecil yang ada di kartu pos, sepertinya pulau ini berada jauh dari pulau Sumatera dan Jawa :)

Wilayah ini terdiri dari dua atol dan 27 pulau karang. Dua bagian dari pulau inilah yang dihuni dengan jumlah penduduk sekitar 600 orang. Wilayah tersebut yakni West Island dan Home Island. The Cocos (Keeling) memiliki iklim yang menyenangkan karena dimoderatori oleh angin tenggara selama sembilan bulan dalam setahun dan dengan curah hujan sedang. Walau begitu badai siklon dapat terjadi pada bulan-bulan awal di setiap tahunnya. Kepulauan Cocos Keeling ini dianugerahi dengan biota laut yang beragam dan indah. Silahkan tonton video di bawah ini.


Pulau ini dinamakan Cocos Keeling karena pada tahun 1609, Kapten William Keeling adalah orang Eropa pertama yang melihat pulau ini secara seksama sembari melayani di East India Company. Pada saat itu pulau ini tetap tidak berpenghuni hingga abad ke-19. Pada tahun 1814, seorang pelaut pedagang Skotlandia bernama Kapten John Clunies-Ross berhenti sebentar di pulau-pulau dalam perjalanannya ke India dan beliau memaku sebuah Union Jack dan berencana untuk kembali dan menetap di pulau-pulau dengan keluarganya di masa depan .

Namun, sesorang berkebangsaan Inggris yang kaya bernama Alexander Hare memiliki rencana yang sama dan menyewa seorang kapten yang secara kebetulan merupakan saudara Clunies-Ross untuk membawa dia dan harem beserta empat puluh perempuan Melayu ke pulau tersebut di mana ia berharap untuk mendirikan kediaman pribadi sendiri. Alexander Hare sebelumnya menjabat sebagai gubernur koloni di Kalimantan. 

Ketika Clunies-Ross kembali dua tahun kemudian dengan istrinya beserta anak-anak dan ibu mertua dan menemukan Alexander Hare sudah menetapkan pulau tersebut sebagai kediaman pribadi, perseteruan terjadi diantara mereka. Bersama delapan pelaut, Clunies-Ross menginvasi kerajaan baru untuk mengambil alih kepemilikan pulau tersebut. Setelah beberapa waktu, wanita-wanita Alexander Hare mulai meninggalkannya dan merapat ke kubu Clunies - Ross. Kecewa karena hal ini, Alexander Hare memutuskan untuk meninggalkan pulau Cocos Keeling.

Kartu pos ini memperlihatkan Cabbage Patch yakni terumbu karang yang berbentuk seperti kubis. Prangko yang digunakan memperlihatkan sebuah kapal di tepian pantai. Indah sekali! Saya mendapatkan kartu pos ini dari Karen Willshaw, orang yang berada di balik fanpages Photography by Karen Willshaw. Sebuah laman dimana ratusan foto-foto indah ditampilkan. Karen, thank you very much for this beautiful postcard and also stamp. I'm happy and love it so much ^^ success for your project. Taking photos and spread happiness to the world :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar