Minggu, 04 Mei 2014

[Tunisia] Amphitheatre of El Jem



Tunisia yang secara resmi bernama Republik Tunisia adalah negara yang terletak di paling utara benua Afrika dan merupakan negara terkecil di wilayah Maghreb Afrika Utara. Secara geografis, Tunisia berisi ujung timur Pegunungan Atlas dan bagian utara dari gurun Sahara. Sebagian besar sisa tanah negara adalah tanah yang subur. Tunisia berasal dari kata Tunis, hub perkotaan pusat sekaligus menjadi ibukota moderen Tunisia. Nama Tunis dapat dikaitkan dengan asal-usul yang berbeda. Hal ini umumnya terkait dengan akar tns Berber, yang berarti "Berbaring" atau "Perkemahan". Hal ini kadang-kadang juga dikaitkan dengan dewi Fenisia Tanith (alias Tunit), kota kuno Tynes.

Bangunan yang ada di kartu pos ini memang sekilas menyerupai Colosseum yang berada di kota Roma, Italia. Namun, ini adalah bangunan yang sama sekali berbeda. Terletak di kota El Djem, sebuah kota di Mahdia Governorate, Tunisia. Ini adalah bangunan Amphitheatre of El Jem. Sebuah bangunan yang bahkan pernah digunakan sebagai lokasi syuting film pemenang Academy Award, Gladiator

Kota El Djem dibangun seperti hampir semua pemukiman Romawi di Tunisia yakni seperti bekas permukiman Punic. Pada awal abad ke-3 Masehi, ketika amfiteater dibangun, kota Thysdrus disaingi Hadrumetum (Sousse modern) sebagai kota kedua Roman Afrika Utara, setelah Carthage. Namun, setelah pemberontakan yang gagal yang dimulai di sana pada tahun 238 AD dan Gordian I bunuh diri di vilanya di dekat Carthage. Pasukan Romawi yang masih setia kepada Kaisar Maximinus Thrax menghancurkan kota hingga kota ini tidak benar-benar sepenuhnya pulih.

Amphitheater of El Jem merupakan salah satu Warisan Situs Dunia yang dilindungi UNESCO dan sering dikira sebagai Colosseum. Bangunan yang mampu menampung hingga 35.000 penonton dibangun oleh orang Romawi di bawah kepemimpinan gubernur Gordian yang diakui Kaisar di Thysdrus sekitar tahun 238. Banyak wisatawan datang ke sini untuk melihat bagaimana rasanya berada di dalam apa yang pernah menjadi tempat di mana singa dan orang-orang bertemu nasib mereka. Banyak bagian dari bangunan yang hancur tapi inti bangunan masih berdiri kokoh. 

Ada dua 3 prangko di kartu pos ini. Dua prangko pertama memperlihatkan Gare de Tozeur. Prangko yang terakhir memperlihatkan Hatchetfish Marbled (Carnegiella strigata) adalah ray-bersirip ikan air tawar asli Amerika Selatan. Kartu pos yang keren! Ahmed, thank you so much for this amazing postcard and also stamps, I love them :) هذا هو مكان عظيم. آمل يوما ما أستطيع السفر إلى هناك مباشرة. مرة أخرى، أشكركم على كل ما تبذلونه من اللطف :)

3 komentar:

  1. terima kasih atas infonya...... kebetulan sekarang tengah cari data tentang tunis

    BalasHapus
  2. terima kasih atas infonya...... kebetulan sekarang tengah cari data tentang tunis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas Erik. Senang jika tulisan ini bisa bermanfaat :)

      Hapus