Minggu, 11 Mei 2014

[Nepal] Birds in Himalaya



Nepal secara resmi bernama Republik Demokratik Federal Nepal yakni sebuah negara berdaulat yang terkurung daratan yang terletak di Asia Selatan dengan Kathmandu sebagai ibukota negara dan kota metropolitan terbesar. Bagian utara pegunungan Nepal memiliki delapan dari sepuluh gunung tertinggi di dunia termasuk titik tertinggi di Bumi yaitu Gunung Everest yang dalam bahasa lokal disebut Sagarmatha (सगरमाथा). 

Pegunungan ini berisi lebih dari 240 puncak lebih dimana ketinggiannya lebih dari 20.000 kaki (6.096 m) di atas permukaan laut. Wilayah Terai selatan yang subur dan lembab. Lumbini, tempat kelahiran Buddha Gautama terletak di wilayah ini. Lumbini adalah salah satu tempat paling suci dari salah satu agama besar di dunia dan banyak terdapat sisa-sisa bangunan yang mengandung bukti penting tentang sifat pusat ziarah Buddhis dari sejak abad ke-3 SM. Gambar yang ada di kartu pos ini memperlihatkan  burung-burung cantik penghuni Nepal :) Secara mengejutkan saya menerima kartu pos yang sama persis dalam waktu yang bersamaan.



Ini dia ke-8 burung yang ada di kartu pos ini. 
  • Common Peafowl (Peacock) adalah burung merak. Hewan jantan umumnya memiliki bulu yang lebih indah dari hewan betina. Burung ini juga memiliki mahkota di kepalanya.
  • Kingfisher adalah sekelompok kecil menengah burung berwarna cerah dalam spesies Coraciiformes.
  • Cattle Egret (Bubulcus ibis) adalah spesies kosmopolotan heron (keluarga Ardeidae) yang biasanya ditemukan di daerah tropis.
  • Baya Weaver (Ploceus philippinus) adalah manyar yang biasanya ditemukan di kawasan padang rumput.
  • Red Billed Magpie (Urocissa erythrorhyncha) adalah spesies burung dalam keluarga gagak Corvidae.
  • Himalayan Monal (Lophophorus impejanus) adalah burung nasional Nepal dimana dikenal sebagai Danphe dan burung negara bagian Uttarakhand dan Himachal Pradesh.
  • Stonechat (Saxicola rubicola) adalah burung passarine kecil yang sebelumnya digolongkan sebagai subspesies dari keluarga Turdidae.
  • Rose Ringed Parakeet (Psittacula krameri) adalah burung yang dikenal sebagai Parakeet Ring Necked adalah burung parkit tropis Afro-Asia.
Menarik melihat beberapa burung indah yang ada di Nepal. Sedikit disayangkan kedua kartu yang dikirim sama persis gambarnya haha. Bisa jadi karena di saat yang bersamaan beliau mengirimkan banyak kartu. Khrisna, thank you so much for these nice cards. Nepal is one of countries that I wanna visit. Hope someday can travel there directly. Btw, once again, Happy Birthday :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar