Sabtu, 03 Mei 2014

[Malaysia] Malacca City



Malacca atau Malaka adalah negara bagian terkecil ketiga di Malaysia setelah Perlis dan Penang. Kota yang dijuluki The Historic State ini terletak di wilayah selatan Semenanjung Melayu, sebelah Selat Malaka. Kota ini juga berbatasan dengan Negeri Sembilan ke utara dan Johor di arah selatan. Beribukotakan Kota Malaka, ini adalah salah satu lokasi kesultanan Melayu awal sejak monarki lokal dihapuskan ketika Portugis menaklukannya pada tahun 1511. Kota ini dipimpin oleh Yang Dipertua Negeri atau pemimpin setingkat gubernur, bukan sultan.

Sebelum kedatangan sultan pertama, Malaka adalah sebuah desa nelayan yang dihuni oleh orang Melayu lokal. Malaka didirikan oleh Parameswara atau yang juga dikenal sebagai Iskandar Shah atau Sri Majara, Raja terakhir dari Singapura menyusul serangan Majapahit pada tahun 1377. Ia menemukan jalan ke Malaka sekitar tahun 1400 di mana ia menemukan port yang dapat diakses di semua musim dan pada titik tersempit di letak strategis Selat Malaka.

Karena letaknya yang strategis, Malaka adalah titik berhenti penting bagi armada Zheng He. Untuk meningkatkan hubungan Hang Li Po, menurut cerita rakyat setempat putri Kaisar Ming dari China tiba di Malaka bersamaan dengan kedatangan 500 petugas untuk menikahi Sultan Manshur Shah yang memerintah dari tahun 1456 sampai dengan 1477. Petugas-petugas lainnya menikahi penduduk setempat dan menetap disana terutama di kawasan Bukit China.

Ini adalah salah satu bagian dari Warisan Situs Dunia di Malaysia yang dilindungi oleh UNESCO. Bangunan utama yang ada di kartu pos adalah gerbang kota yang dibangun oleh Portugis di tahun 1511. Prangkonya pun memperlihatkan salah satu sudut kota Malaka yakni Banda Hilir. Kartu pos yang menarik walaupun ini adalah kartu yang berbeda dalam kesepakatan postcard exchange sebelumnya. Liew, terima kasih banyak atas kartu pos kota Malaka ini. 

Update on 27th, May 2014



Ini dia kartu pos yang sesungguhnya menjadi kesepakatan ketika swap. Terima kasih SL Liew atas kiriman kartu pos kedua yang diniatkan sebagai permintaan maaf ini. Ini kartu pos yang sangat bagus :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar