Senin, 19 Mei 2014

[Saudi Arabia] Mada'in Saleh



Mada'in Saleh (Arab : مدائن صالح ) juga disebut Al -Hijr atau Hegra yakni sebuah situs arkeologi pra-Islam yang terletak di sektor Al-Ula, dalam region Al Madinah di Saudi Arabia. Sebagian besar bangunan berbatu yang ada di lokasi ini merupakan sisa-sisa dari kerajaan Nabatean (abad ke-1 Masehi). Situs ini merupakan pemukiman kerajaan wilayah selatan terbesar setelah setelah Petra. Jejak Lihyanite dan pendudukan Romawi sebelum dan sesudah Nabatean memerintah masing-masing dapat ditemukan di sini.

Al-Qur'an menempatkan daerah pemukiman orang-orang Tsamud di periode setelah nabi Nuh AS dan sebelum periode nabi Musa dimana hal tersebut dapat diartikan terjadi di 3 milenium SM. Menurut teks Islam, Thamudis yang mengukir rumah di pegunungan karena dihukum oleh Allah dikarenakan praktek mereka dalam penyembahan berhala yang kemudian dilanda gempa bumi dan ledakan petir ledakan. Dengan demikian, situs ini telah mendapatkan reputasi sebagai tempat terkutuk. Namun, belakanganpemerintah nasional berusaha untuk mengatasi isu ini danberusaha untuk mengembangkan Mada'in Saleh sebagai salah satu potensi pariwisata.


Sejarah panjang dan banyak budaya yang telah menempati situs ini telah menghasilkan beberapa nama. Yang paling awal dikenal dengan nama Hegra. Nama saat ini berarti "Kota Saleh," serta mengacu pada Al-Qur'an yakni keberadaan Nabi Saleh. Nama Al-Hijr ( bahasa Arab : الحجر "Tempat yang berbatu " ) digunakan untuk menyinggung topografi tempat ini yang memang berbatu.

Pada tahun 2008 UNESCO menyatakan Mada'in Saleh sebagai salah Situs Warisan Dunia dimana hal tersebut menjadikan tempat pertama di Arab Saudi yang dilindungi UNESCO. Tempat ini terpilih untuk dilindungi agar tetap terawat baik yang dari akhir zaman. Terutama 131 potongan batu makam monumental dengan hiasan fasad yang rumit sisa dari kerajaan Nabatean. Ivy, thank you so much for this great postcard. Also, for Yanita who help me to complete my postcard gallery. Hurray! this is 1st written and stamped postcard that I received from Saudi Arabia :) Awesome!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar