Sabtu, 03 Mei 2014

[Papua New Guinea] Unity in Diversity



Papua New Guinea atau yang dikenal sebagai Papua Nugini secara resmi bernama Independent State of Papua New Guinea adalah negara Oseania yang menempati bagian timur pulau New Guinea dan pulau-pulau lepas pantai di Melanesia sekaligus mendiami wilayah bagian barat daya Samudera Pasifik di sebelah utara Australia. Ibukota negara ini, Port Moresby terletak di sepanjang pantai tenggara. Setengah bagian barat dari New Guinea membentuk provinsi di Indonesia yakni Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Papua Nugini adalah salah satu negara dengan keberagaman budaya. Mayoritas penduduk masih hidup dalam masyarakat tradisional dan praktek pertanian berbasis subsisten. Setelah diperintah oleh tiga kekuatan eksternal sejak 1884, Papua Nugini mendirikan kedaulatannya pada tahun 1975 setelah 70 tahun di bawah pemerintahan Australia. Hal ini menjadi sebuah negara yang terpisah dari Commonwealth dengan Ratu Elizabeth II sebagai kepala negara dan menjadi anggota Commonwealth of Nations dalam dirinya sendiri.

Yang terlihat di kartu pos adalah penduduk Papua Nugini yang memakai pakaian dan hiasan tradisional. Dari informasi yang ada di kartu pos, saya akhirnya tahu bahwa Papua Nugini terbagi menjadi Highlands Region dan penduduk yang ada di kartu pos ini berada di Provinsi Western Highlands dimana provinsi ini meliputi area seluas lebih dari 4.299 km persegi yang beribukotakan Mount Hagen. Dinamakan demikian karena terdapat Gunung Hagen di kota ini dimana gunung ini dinamai oleh petugas kolonial Jerman, Curt Von Hagen.  

Terdapat 2 prangko di kartu pos ini. Prangko pertama memperlihatkan Pioneer Art 2008, seri prangko yang dibuat oleh anak-anak Papua Nugini. Yang kedua adalah Common 'Tolai' Carry Basket seri Vowen Baskets. Prangko yang menarik dengan kartu pos yang keren. Hannah, thank you very much for this amazing postcard and also stamps. I'm totally happy, hurray! Thank you for your kindness :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar