Rabu, 07 Mei 2014

[French Guiana] Cacao Village



French Guiana adalah departemen luar negeri dan wilayah Perancis di pantai Atlantik utara yang berada di Amerika Selatan. French Guiana atau Guyana Perancis ini berbatasan dengan Brasil di sebelah timur dan selatan serta Suriname di barat. Uniknya, walaupun berada di benua Amerika, French Guiana adalah wilayah luar negeri terbesar dari Perancis dan termasuk dalam Uni Eropa dimana mata uang resminya adalah Euro.

Penambahan kata sifat "Perancis" dalam bahasa Inggris berasal dari zaman kolonial ketika lima koloni terbentuk yakni Spanyol Guyana (sekarang Guayana Region di Venezuela), Guyana Inggris (sekarang Guyana), Guyana Belanda (sekarang Suriname), Guyana Prancis itu sendiri dan Portugis Guyana (sekarang Amapá, negara bagian di Brazil utara jauh). Ibukota dari French Guiana ini adalah kota Cayenne.

Gambar yang ada di kartu pos ini adalah sebuah desa atau kota yang bernama Cacao yang berada di sepanjang Sungai Comté di selatan kota Cayenne. Sebagian besar penduduk kota Cacao adalah petani Hmong yakni pengungsi dari Laos yang dimukimkan kembali di Guyana Prancis pada 1970-an. Hal ini sesuai dengan keterangan kartu pos yang dikirimkan dari Thailand ini.

Hal menarik lain yang ada di kartu pos ini adalah keberadaan prangkonya. Prangko sebelah kanan bergambar anak-anak suku Hmong yang berada di French Guiana. Prangko yang di sebelah kanan bergambar sebuah bunga. Kartu pos yang dikirimkan dengan sungguh-sungguh. Kenapa? karena beliau bercerita tentang suku Jawa yang ada di negaranya! :) Relitza, je vous remercie beaucoup pour cette belle carte postale :) et aussi pour les timbres et votre écriture à la main et toutes les informations que vous avez écrit :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar