Selasa, 13 Mei 2014

[Maldives] Maladewa



Maldives atau yang di Indonesia dikenal sebagai Maladewa secara resmi Republik of The Maldives dan juga disebut sebagai Kepulauan Maldive adalah sebuah negara kepulauan di kawasan Laut Samudera Hindia-Arab yang terdiri dari rantai ganda dari dua puluh enam atol dari utara hingga selatan yang terletak antara Minicoy Island (bagian paling selatan dari Lakshadweep, India) dan Chagos Archipelago. Rantai pulau berdiri di Laut Laccadive sekitar 700 kilometer selatan-barat dari Sri Lanka dan 400 kilometer selatan-barat India.

The Maldives telah menjadi pemerintahan yang independen untuk sebagian besar sejarahnya kecuali untuk tiga periode di mana ia diperintah oleh kekuatan-kekuatan luar. Pada pertengahan abad ke-16, selama lima belas tahun, Maladewa didominasi oleh Kekaisaran Portugis. Pada pertengahan abad ke-17, Kekaisaran Belanda (Malabar) mendominasi Maladewa selama empat bulan. Akhirnya, pada akhir abad ke-19 di ambang perang, Maladewa menjadi protektorat Inggris dari 1887 sampai 1965. Belanda menyebut pulau-pulau disana sebagai "Maldivische Eilanden" hingga kemudian ke "Maladewa".


Pulau Maladewa akhirnya memperoleh kemerdekaan dari Kerajaan Inggris pada tahun 1965 dan pada tahun 1968 menjadi republik diperintah oleh presiden dan pemerintah otoriter. Maladewa adalah negara Asia terkecil jika dibandingkan antara jumlah penduduk dan luas lahan. Dengan permukaan tanah ketinggian rata-rata 1,5 meter di atas permukaan laut menjadikan Maladewa sebagai negara terendah di planet Bumi.

Nama Maladewa mungkin berasal dari bahasa Sansekerta yakni Mala (Karangan Bunga) dan Dvipa (Pulau) Maala Divaina (Kepulauan Necklace). Bahasa kuno kronik Sri Lanka Mahawamsa mengacu ke sebuah pulau yang disebut Mahiladiva ("Pulau Wanita" , महिलादिभ) di Pali yang mungkin merupakan penerjemahan dari kata Sansekerta yang sama berarti "karangan bunga". Maladewa memang dikenal sebagai pulau yang indah akan pemandangan bawah lautnya. Hal ini pula yang diperlihatkan oleh kartu pos ini.

Kartu pos ini merupakan hasil jepretan fotografer Michael Friedel. Prangkonya memperlihatkan penyu laut. Keren sekali! :) Shaha, thank you very much for this funny postcard haha. I always smiling when I read the caption. Hope someday I can swim like 'alien' like the people on the postcard hahaha. Once again, thank you so much for your kindness :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar