Minggu, 04 Mei 2014

[Thailand] Young Hmong Hilltribes



Hmong adalah sebuah kelompok etnis Asia dari daerah pegunungan China, Vietnam, Laos dan Thailand. Hmong juga merupakan salah satu dari sub-kelompok etnis Miao (苗族) di Cina selatan. Kelompok Hmong mulai migrasi ke selatan secara bertahap dalam abad ke-18 karena kerusuhan politik dan untuk menemukan lebih banyak tanah subur demi kelangsungan hidup mereka.

Selama Perang Indochina pertama dan kedua, pemerintah Perancis dan Amerika Serikat merekrut ribuan orang Hmong di Laos untuk melawan invasi pasukan militer dari Vietnam Utara dan komunis pemberontak Pathet Lao yang dikenal sebagai Perang Rahasia. Selama Perang Vietnam dan Perang Sipil Laos, ratusan ribu pengungsi Hmong melarikan diri ke Thailand untuk mencari suaka politik. Ribuan pengungsi ini telah dimukimkan kembali di negara-negara Barat sejak akhir 1970-an. Tidak hanya ke Amerika Serikat tetapi juga di Australia, Perancis, French Guyana, Kanada dan negara-negara di Amerika Selatan. Sebagian lagi telah kembali ke Laos melalui program repatriasi yang disponsori PBB.

Masih ada kelompok Hmong yang memilih menetap di Thailand. Tepatnya di Northren Thailand. Inilah yang diperlihatkan di kartu pos ini dimana 2 anak kecil dari kelompok Hmong terlihat tersenyum bersama. Mereka berdua juga memakai pakaian tradisional kelompok Hmong. Aaa, suka sekali kartu pos ini! Mas Agung-Wulan, terima kasih banyak atas kiriman kartu posnya ya. ^^ Mini meet up-nya keren dah! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar