Senin, 12 Mei 2014

[Guinea] Masque Nyamou



Guinea adalah sebuah negara di Afrika Barat yang sebelumnya dikenal sebagai French Guinea (Guinée Française). Sekarang ini kadang-kadang disebut Guinea-Conakry untuk membedakan dari negara tetangganya yakni Guinea Bissau dan Republik Equatorial Guinea. Guinea dibagi menjadi delapan wilayah administratif dan dibagi lagi menjadi tiga puluh tiga prefektur. Conakry adalah ibukota Guinea sekaligus menjadi kota terbesar dan pusat ekonomi. 

Guinea adalah negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam dengan Muslim mewakili 85 persen dari jumlah populasi. Agama lain seperti Kristen terutama Katolik Roma mencakup sekitar 10 persen dari jumlah populasi dan terutama ditemukan di wilayah Forestière yang berada di selatan Guinée. Hebatnya, mayoritas Muslim dan minoritas Kristen Guinea umumnya berinteraksi satu sama lain secara damai. Alhamdulillah :)

Perancis adalah bahasa resmi Guinea dan merupakan bahasa utama komunikasi di sekolah, pemerintahan, media dan di antara pasukan keamanan negara itu  Lebih dari dua puluh empat bahasa pribumi juga diucapkan, yang paling umum adalah bahasa Fula, bahasa Susu dan dan bahasa Maninka. Fula secara luas digunakan di wilayah Fouta Djallon di pusat Guinea, Mandinka di Timur Guinea dan Susu di wilayah pesisir barat laut Guinea. Di wilayah Forestière Guinée, banyak bahasa minoritas yang digunakan.

Gambar utama yang ada di kartu pos ini adalah Topeng Nyamou. Terus terang sangat susah mendapatkan informasi mengenai kartu pos ini. Hanya saya menemukan sebuah artikel menarik mengenai salah satu suku di Guinea yang biasanya menggunakan topeng ketika menari. Salah satu prangko yang ada di kartu pos memperlihatkan Mamadou Diallo Alimou, yakni pemain bola asal Guinea yang kini bermain di AS Kaloum Star. Madeleine, merci beaucoup pour échanger avec moi. Je suis tellement heureux de reçu une jolie carte de la Guinée. C'est génial de connaître votre culture :) merci ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar