Rabu, 07 Mei 2014

[Indonesia] Suku Dayak Kenyah



Suku Dayak Kenyah adalah bagian dari suku Dayak yang termasuk rumpun Kenyah-Kayan-Bahau yang berasal dari dataran tinggi Usun Apau, daerah Baram, Sarawak. Melalui sungai Iwandi, suku Kenyah memasuki Kabupaten Malinau, Kalimantan Timur dan terpecah dua sebagian menuju daerah Apau Kayan yang sebelumnya dihuni oleh suku Kayan dan sebagian lagi menuju daerah Bahau.

Pergerakan suku ini menuju ke hilir akhirnya sampai ke daerah Mahakam dan menetap di Kampung Pampang Samarinda Utara. Suku Kenyah sendiri terbagi menjadi Kenyah Dataran Rendah dan Kenyah Dataran Tinggi/Usun Apau Kenyah. Suku ini kental dengan kesenian dan budaya seperti bangunannya yang khas, seni ukiran dan tarian termasuklah pakaian tradisional mereka.

Seperti yang terlihat di kartu pos ini. Pakaian suku Dayak Kenyah biasanya menggunakan manik-manik beraneka warna dengan corak yang khas. Pakaian adat wanita dinamakan Ta'a sedangkan pakaian adat pria dinamakan Sapei Sapaq. Ciri khas lainnya adalah tutup kepala yang terbuat dari pandan. Sangat unik :) Harmedia, terima kasih banyak atas kiriman kartu pos yang keren ini ya :) Suka banget!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar