Selasa, 20 Mei 2014

[Madagascar] Antananarivo City



Madagaskar atau yang secara resmi bernama Republik Madagaskar adalah sebuah negara sebuah negara yang terletak di Samudera Hindia, lepas pantai Afrika Tenggara. Negara ini sebelumnya dikenal sebagai Republik Malagasy. Ini adalah negara yang terdiri dari pulau utama Madagaskar (yang merupakan pulau terbesar keempat di dunia) serta berbagai pulau perifer yang lebih kecil. Setelah pecahnya prasejarah dari superbenua Gondwana, Madagaskar berpisah dari India sekitar 88 juta tahun yang lalu yang memungkinkan tanaman dan hewan berkembang dalam isolasi relatif.

Akibatnya, Madagaskar adalah hotspot keanekaragaman hayati. Lebih dari 90 persen satwa liar yang ditemukan di tempat lain di Bumi ada di Madagaskar. Sayangnya, ekosistem yang beragam dan satwa liar yang unik terancam oleh perambahan populasi manusia yang berkembang pesat. Pemukiman manusia awal Madagaskar terjadi antara 350 SM dan AD 550 oleh bangsa Austronesia yang tiba di perahu cadik dari Kalimantan. Ini bergabung sekitar tahun 1000 dengan migran Bantu menyeberangi Selat Mozambik. Kelompok-kelompok lain terus menetap di Madagaskar dari waktu ke waktu, masing-masing membuat kontribusi yang langgeng untuk kehidupan budaya Malagasi. Kelompok etnis Malagasi sering dibagi menjadi delapan belas atau lebih sub-kelompok dengan kelompok yang terbesar adalah Merina dari dataran tinggi tengah.


Gambar yang ada di kartu pos ini adalah La Aveneu de I'Independance. Hmm, sepertinya semacam alun-alun kota ya. Gedung ini berada di kota Antananarivo yang merupakan ibukota negara Madagaskar. Ketika saya mencari informasi, saya tercengang karena kota ini keren dan nampak sangat bersahabat :) Hal yang sama diutarakan oleh mbak Haya bahwa penduduk Malagasy sangat ramah dan rendah hati. Hmm, mungkin karena sebagian dari mereka keturunan Indonesia ya :)

Kota Antananarivo awalnya situs dari sebuah kota bernama Analamanga, yang berarti "Hutan Biru" yang berada di tengah dataran tinggi dan mereka menggunakan dialek bahasa Malagasi. Kota Analamanga didirikan oleh komunitas Vazimba, penghuni pertama pulau itu. Andrianjaka (1612-1630), raja orang Merina yang baru saja bermigrasi ke wilayah tersebut dari pantai tenggara, merebut lokasi sebagai situs ibukotanya. Menurut sejarah lisan, ia mengerahkan 1.000 tentara garnisun untuk berhasil menangkap dan menjaga situs. Bukit dan kota mempertahankan nama Analamanga sampai masa pemerintahan Raja Andriamasinavalona (1675-1710), yang menamainya Antananarivo ("Seribu Kota") untuk menghormati tentara Andrianjaka itu.

Terdapat sebuah prangko di kartu pos ini yang bertuliskan Cirque Rouge de Mahajanga yang jika diartikan sirkus merah Mahajanga. Mahajanga sendiri merupakan sebuah kota dan kabupaten yang berada di pesisir barat laut Madagaskar dan merupakan salah satu kota tujuan wisatawan lokal dan internasional karena terkenal dengan pantainya yang indah. Huaaa, makasih banyak ya mbak Haya atas kiriman kartu pos ini. Yihaaa, galeri kartu pos ini jadi makin lengkap atas kedatangan kartu pos Madagaskar ini. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar