Jumat, 02 Mei 2014

[Greece] Beautiful Mount Athos



Mount Athos atau Gunung Athos (Yunani : Όρος Άθως) adalah gunung dan semenanjung di Yunani sekaligus rumah bagi 20 biara-biara Ortodoks Timur stavropegial di bawah yurisdiksi langsung patriark Konstantinopel. Saat ini Yunani biasa merujuk ke Gunung Athos sebagai "Gunung Suci" (Yunani : Άγιον Όρος). Sebenarnya Gunung Athos memiliki wilayah curam dan lereng berhutan mencapai 2.033 meter terutama di wilayah semenanjung yang berbahaya.

Dalam sejarah Yunani kuno, tercatat ada dua bencana armada. Yakni pada tahun 492 SM ketika Raja Darius -Raja Persia kehilangan 300 kapal di bawah Mardonius. Di tahun 411 SM Spartan pun kehilangan 50 armada kapal di bawah Laksamana Epicleas. Berhubung ini daerah suci, jumlah pengunjung harian ke Gunung Athos dibatasi. Pengunjung harus mendapatkan izin masuk khusus berlaku untuk jangka waktu terbatas. Hanya laki-laki diperbolehkan untuk mengunjungi wilayah yang disebut "Garden of the Virgin" oleh para biarawan. Kristen Ortodoks-lah pihak yang berhak menerbitkan izin. Jalan-jalan ke Gunung Athos yuk :)


Athos dalam mitologi Yunani adalah nama dari salah satu Gigantes yang menantang dewa-dewa Yunani selama Gigantomachia. Athos melemparkan batu-batu besar terhadap Poseidon yang jatuh di laut Aegean dan menjadi Gunung Athos. Menurut versi lain, Poseidon menggunakan gunung untuk mengubur raksasa yang sebelumnya dikalahkan dalam sebuah pertempuran.



Semenanjung yang ada pada Gunung Athos di rute invasi membuat Xerxes I membutuhkan waktu tiga tahun menggali saluran di tanah genting untuk memungkinkan lewatnya armada invasi pada tahun 483 SM. Setelah kematian Alexander Agung, Dinocrates arsitek (Deinokrates) diusulkan untuk mengukir seluruh gunung menjadi patung Alexander.

Menurut tradisi athonite, Virgin Mary berlayar didampingi oleh St Yohanes, Penginjil dari Yope ke Siprus untuk mengunjungi Lazarus. Ketika kapal itu tertiup angin saja untuk kemudian kafir Athos itu terpaksa jangkar di dekat pelabuhan Klement dekat biara sekarang Iviron. The Virgin Mary lalu melalui jalan darat dan mengagumi keindahan alam yang indah. Sejak saat itu gunung ditahbiskan sebagai The Garden of The Mother of God. Keindahan dan kemegahan Gunung Athos ini pula yang membuat UNESCO menjadikan Gunung Athos sebagai salah satu Warisan Situs Dunia yang dilindungi.

Gunung Athos adalah salah satu kartu pos yang sejak lama saya cari. Begitu saya mendapatkan kartu pos ini, saya senang bukan main. Prof Janis, piuuhhh... this is a wonderful postcards. Thank you sooooo much. I'm totally appreciate your kindness to sent me these postcards (and some booklets). Ελπίζω κάποια μέρα να επισκεφθεί τη χώρα σας και θα ήθελα, μπορώ να εξερευνήσετε το Άγιο Όρος. Φοβερό!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar