Kamis, 22 Mei 2014

[United Arab Emirates] Sheikh Zayed Grand Mosque



Masjid Agung Sheikh Zayed adalah salah satu masjid yang terletak di Abu Dhabi ibukota Uni Emirat Arab. Dan dianggap sebagai kunci atau simbol peribadatan di negara ini. Pembangunan Masjid Agung Sheikh Zayed diprakarsai oleh almarhum presiden dari Uni Emirat Arab ( UEA ) yakni HH Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan yang ingin mendirikan sebuah struktur yang menyatukan keragaman budaya dunia Islam, nilai-nilai sejarah dan seni arsitektur moderen. Tempat peristirahatan terakhirnya sultan ini pun terletak di dasar di samping masjid yang sama.

Masjid ini dibangun dari tahun 996 hingga tahun 2007 dan merupakan masjid terbesar di Uni Emirat Arab dan masjid terbesar kedelapan di dunia. Luas masjid ini kurang lebih setara dengan ukuran lima lapangan sepak bola. Di area masjid ini juga terdapat perpustakaan yang terletak di utara/timur menara. Terdapat buku-buku klasik dan publikasi menangani berbagai mata pelajaran Islam : ilmu peradaban, kaligrafi, seni, koin dan termasuk beberapa publikasi langka sejak lebih dari 200 tahun lalu. Mari saya ajak untuk mengintip kemegahan masjid ini.


Melalui sebuah tayangan di TV swasta, saya melihat proses pembuatan masjid ini. Dimulai dari pembangunan pondasi awal hingga pemilihan bahan-bahan terbaik yang akan digunakan untuk masjid ini. Selain itu beberapa kontroversi juga terjadi terkait tenaga kerja dan iklim yang ekstrem. Peserta Amazing Race juga pernah mendatangi masjid ini. Sungguh luar biasa! Gambar yang terlihat di kartu pos ini adalah bagian dalam dari kubah masjid. Kubahnya saja semegah itu ya! luar biasa. Semoga suatu saat nanti bisa berkesempatan shalat di masjid ini :) mbak Deassy, terima kasih banyak ya atas kiriman kartu posnya. Suka sekali :)

Update on 5th of June, 2014



Abu Dhabi adalah ibu kota dan kota terpadat kedua di Uni Emirat Arab dan juga ibukota terbesar dari tujuh emirat anggota UEA. Abu Dhabi terletak di sebuah pulau berbentuk T yang menjorok ke Teluk Persia dari pantai barat pusat. Abu Dhabi adalah 'rumah' dari kantor pemerintah federal sekaligus menjadi tempat dimana kediaman keluarga Abu Dhabi Emiri dan Presiden UAE berada.

Kartu pos ini masih berhubungan dengan Masjid Sheikh Zayed. Jika di kartu pos petama diperlihatkan bagian dalam dome-nya nah di gambar kiri atas kartu pos kedua diperlihatkan Masjid Sheikh Zayed secara utuh. Keren sekali! Jadi makin kepingin untuk melihat masjid itu secara langsung :) untuk itu, terima kasih kepada mbak Weny yang sudah memberikan kartu pos kejutan ini :) Benar-benar menjadi kejutan yang menyenangkan ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar