Senin, 19 Mei 2014

United Nations' Postcard



United Nations (UN) atau yang di Indonesia dikenal dengan nama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) adalah sebuah organisasi antar pemerintah yang didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945 untuk mempromosikan kerja sama internasional. PBB didirikan untuk mengganti Liga Bangsa-Bangsa yang dinilai tidak efektif. Organisasi ini dibuat setelah Perang Dunia Kedua untuk mencegah konflik dunia dan Pada pendiriannya, PBB memiliki 51 negara anggota. Markas PBB terletak di Manhattan, New York City.

Kantor utama PBB lainnya juga terletak di Jenewa, Nairobi dan Wina. Organisasi ini didanai oleh kontribusi sukarela dari negara-negara anggotanya. Tujuannya antara lain untuk memelihara perdamaian dan keamanan internasional, mempromosikan hak asasi manusia, mendorong pembangunan sosial dan ekonomi, melindungi lingkungan dan memberikan bantuan kemanusiaan dalam kasus-kasus kelaparan, bencana alam dan konflik bersenjata .

PBB memiliki enam pilar utama yakni General Assembly/Majelis Umum (majelis musyawarah utama), the Security Council/Dewan Keamanan (untuk memutuskan resolusi tertentu dalam hal perdamaian dan keamanan), the Economic and Social Council/Dewan Ekonomi dan Sosial ( ECOSOC ) (untuk mempromosikan kerjasama dan pembangunan ekonomi intern), the Secretariat/Sekretariat (untuk menyediakan studi, informasi dan fasilitas yang diperlukan oleh PBB), the International Court of Justice/Dewan Peradilan Internasional (peradilan primer) dan the United Nations Trusteeship Council/Dewan Perwalian PBB (namun tidak aktif sejak tahun 1994).

Badan-badan PBB termasuk Sistem Kelompok Bank Dunia, Organisasi Kesehatan Dunia, World Food Programme, UNESCO dan UNICEF. Organisasi ini telah memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 2001 begitupun sejumlah pejabat dan instansi terkait yang juga telah diberikan hadiah. Satu yang menarik antara hubungan PBB dan Indonesia. Seingat saya, Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang pernah bergabung, memutuskan keluar namun pada akhirnya bergabung kembali. *cmiiw*

Kartu pos ini dikirimkan sekaligus memperlihatkan sosok Luigi Pralangga, ayah dua anak berkewarganegaraan Indonesia yang bertugas di PBB. Saksikan video ini untuk mengenal lebih dekat sosok yang akrab dipanggil Kang Lui ini :) Seiring rasa terima kasih atas kartu pos ini, semoga Kang Lui senantiasa dilindungi Allah dalam menjalankan setiap tugasnya. Sukses terus Kang Lui menebar kebaikan dan perdamaian di penjuru muka bumi. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar