Rabu, 05 Maret 2014

[Bosnia and Herzegovina] Dobrun Monastery



Cobrun Monastery atau Biara Dobrun adalah sebuah biara yang terletak di daerah pegunungan sepanjang jalan dari Belgrade ke Uzice. Biara ini dikenal juga dengan nama Krusevo dan dibangun sebagai bentuk dedikasi kepada Holly Mary dan didirikan oleh Zupan Pribil dan anak-anaknya, Stefan dan Petar di tahun 1343. Pada tahun 1383, sebagai seorang biarawan, Jovan kembali memugar beberapa bagian agar terlihat lebih baik. Sayang, di tahun 1393 ketika Turki berhasil 'melewati' Bosnia, biara ini hancur. Biara ini kemudian dikonstruksi ulang oleh Lalim Stefan Lazarevic dan Putri Milica.

Tidak ada data pasti mengenai pembentukan biara ini. Karena biara ini dihancurkan dan dibangun kembali berkali-kali. Kehancuran terburuk terjadi selama Perang Dunia ke-2 ketika Jerman menjadi gudang senjata dan Bosnia terkena dampaknya sehingga biara ini pun hancur pada tahun 1945. Walau begitu, setahun setelahnya di tahun 1946, biara ini dibangun kembali. Biara ini dicat dengan banyak lukisan dinding. Salah satu yang terkenal dan terus dipertahankan adalah dari Tsar Dusan dan Jelena, istrinya serta anak mereka, Uros.

Lukisan dari pendiri biara, Zupan Pribil bersama anak-anaknya juga masih ada. Dalam bebatuan di atas biara terdapat sebuah gua yang pintu masuknya ditutup dengan blok batu. Para biarawan akan tinggal disana dan akan turun ke vihara hanya selama hari libur keagamaan yang besar. Sampai sekarang, ini adalah biara yang aktif sekaligus ada bangunan terpisah yang menjadi Museum Pertama Serbia Upraise, lukisan galeri dan Museum of Dabro Keuskupan Bosnia.

The Old Town of Dobrun atau kota tua Dobrun. Letaknya dekat sekali dengan biara Dobrun dan sudah ada sejak abad ke-15. Kota ini terdiri dari benteng dengan rumah paroki dan tiga menara penjaga. Menurut cerita tradisional, kota ini didirikan tahun 1440 oleh "Jerina Terkutuk", istri Serbia satrap Djuradj Brankovic walaupun hal ini tidak bisa dikukuhkan dalam fakta sejarah. Hmm, sebuah tenpat yang menarik. Jovana, once again, thank you so much for this card. Very nice and I like it ;) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar