Selasa, 04 Maret 2014

[Denmark] The Little Mermaid



The Little Mermaid adalah kisah dongeng tersohor yang ditulis oleh salah satu penulis cerita anak/dongeng terbaik dunia, Hans Christian Andersen. Penulis kelahiran Denmark (2 April 1805 - 4 Agustus 1875) ini sebetulnya juga sangat produktif menulis drama, catatan perjalanan, novel dan puisi. Namun, dongeng-dongeng karyanyalah yang mempopulerkan Hans Christian Andersen sehingga dikenal oleh anak-anak di seluruh dunia (karya-karyanya diterjemahkan lebih dari 125 bahasa!).

The Little Mermaid sendiri berkisah mengenai putri duyung muda yang rela meninggalkan kehidupannya di laut demi cinta seorang pangeran muda. Si Putri Duyung rela menyerahkan dirinya demi mendapatkan jiwa manusia. Kisah ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1837 dan telah diadaptasi ke berbagai media, termasuk teater musik dan film animasi.

Nah, gambar yang ada di kartu pos ini adalah patung perunggu The Little Mermaid yang dibuat oleh Edvard Eriksen (10 Maret 1876 - 12 Januari 1959), pematung Denmark-Islandia yang pernah menempuh pendidikan di Royal Academy antara tahun 1894-1899, tempat dimana kemudian dia didapuk menjadi salah satu pengajarnya diantara tahun 1908-1919 dan menjadi konservator di Thorvaldsen Museum. Pada tahun 1909, dia diminta oleh Carl Jacobsen, putra pendiri Carlsberg untuk membuat patung The Little Mermaid yang kemudian diresmikan pada tanggal 23 Agustus 1913 dan patung itu kemudian ditempatkan di pinggiran dermaga Langelinie

Uniknya, patung dengan tinggi 1,25 meter dan berat 175 kilogram ini ternyata dibuat Edvard dengan model istrinya sendiri, Eline Eriksen. Kini, The Little Mermaid Statue adalah salah satu ikon kota Kopenhagen dan menjadi destinasi wisatawan terkenal sejak 1913. Sayangnya, dalam beberapa dekade, patung ini sempat menjadi sasaran bagi tindakan vandalisme. Kartu pos yang sangat keren! :) Sebagai salah satu pengagum karya-karya Hans Christian Andersen, saya beruntung bisa mendapatkan kartu pos ini. Sisca, terima kasih banyak ya sudah berbaik hati mengirimkan saya kartu pos sehingga bertambah lagi list country di galeri blog Omnduut ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar