Selasa, 11 Maret 2014

[Turkmenistan] The National Cultural Centre



Turkmenistan adalah negara yang sebelumnya dikenal dengan nama Tukmenia. Sampai tahun 1990, Turkmenistan masih tergabung dalam konstitusi Uni Soviet dengan nama Republik Sosialis Soviet Turkmenistan. Negara yang terletak di Asia Tengah ini berbatasan langsung dengan Iran, Afghanistan, Uzbekistan, Kazakhstan dan Laut Kaspia. Sebagian besar wilayahnya merupakan hamparan gurun pasir Karakum. Kota Merv yang ada di negara ini adalah salah satu kota besar dalam sejarah Islam dan pemberhentian penting di Jalan Sutra, jalur perdagangan penting hingga ke China sampai pertengahan abad ke-15.

Dianeksasi oleh Kekaisaran Rusia pada tahun 1881, Turkmenistan kemudian menonjol dalam gerakan anti - Bolshevik di Asia Tengah. Negara ini diperintah oleh Presiden Seumur Hidup yakni Saparmurat Niyazov (disebut juga Türkmenbaşy, Pemimpin Kaum Turkmen) hingga kematian mendadaknya di tanggal 21 Desember 2006. Setahun kemudian, Gurbanguly Berdimuhamedow terpilih sebagai presiden baru tepatnya pada tanggal 11 Februari 2007. Sepertinya, presiden ke-2 inilah yang ada di prangko kartu pos ini. Terlihat, presiden Turkmenistan itu bersalaman dengan sekjen PBB, Ban Ki-Moon

Gambar bangunan yang ada di kartu pos ini adalah The National Cultural Centre atau Pusat Kebudayaan Negara Turkmenistan. Gedung ini adalah sarana kinerja serbaguna di Ashgabat, ibukota Turkmenistan. Gedung ini terletak di Archabil Avenue dan didirikan oleh presiden pertama Turkmenistan. Di buka sejak tahun 2007, tempat ini kerap digunakan sebagai tempat pertunjukan budaya sekaligus dijadikan museum, tempat rekreasi dan gedung pertemuan resmi negara ataupun tingkay internasional. Pada April 2013, presiden Turkmenistan mendatangani resolusi untuk mengubah nama gedung ini menjadi The Ministry of Culture of Tukmenistan National Cultural Center of the Great Saparmurat Turkmenbashi. Wow, nama yang sangat panjang :)

Saya mendapatkan kartu pos ini dari seorang postcrosser asal Asghabat, Turkmenistan. Zinaida, terima kasih banyak. Thank you so much for this beautiful postcard ;) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar