Rabu, 26 Maret 2014

[Indonesia] The Barelang Bridge



Barelang adalah singkatan kata dari BAtam, REmpang dan gaLANG, yakin nama sebuah jembatan di provinsi Kepulauan Riau yang menghubungkan beberapa pulau yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru. Oleh masyarakat sekitar, jembatan ini juga dikenal dengan nama Jembatan Habibie karena beliaulah yang memprakarsai pembangunan jembatan untuk memfasilitasi ketiga pulau tersebut.

Jembatan ini telah menjadi ikon kota Batam dan menjadi salah satu tujuan wisatawan. Jembatan yang sesungguhnya terdiri dari 6 jembatan ini konsep awalnya diusulkan oleh Bruce Ramsay dari VSL. Habibie lalu meminta bahwa desain harus didasarkan pada variasi jenis jembatan struktural yang berbeda dalam rangka memperkenalkan dan mengembangkan desain bangunan & teknologi jembatan baru di Indonesia. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 1992 dan jembatan utama dari jembatan Balerang (yang ada di kartu pos ini) sesungguhnya bernama Jembatan Fisabilillah.

Nama ini diambil dari nama seorang tokoh bernama Teuku Fisabilillah. Jembatan dengan panjang 642 meter ini menghubungkan pulau Batam dan Pulau Tonton. Jembatan lain yang termasuk dalam jembatan Barelang ialah Jembatan Nara Singa (Jembatan II), Jembatan Raja Ali Haji (Jembatan III), Jembatan Sultan Zainal Abidin (Jembatan IV), Jembatan Tuanku Tambusai (Jembatan V) dan Jembatan Raja Kecik (Jembatan VI). Suka sekali kartu pos Jembatan gagah dengan semburat senja ini :) uniknya, prangkonya pun memperlihatkan jembatan. Yakni Jembatan Ampera ^_^ mbak Dee An, terima kasih atas kartu pos yang keren ini :)

Update on 16th December, 14



Hurray! terima kasih kepada Febrina yang sudah mengirimkan saya kartu pos Barelang yang dilihat dari sisi yang berbeda. :) suka! Tunggu aku di Batam! haha.

5 komentar:

  1. Sengaja perangkonya juga dikasih yang gambar jembatan :)
    Moga suka ya ama postcardnya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kali kedua aku dapet prangko Jembatan Ampera. Ironisnya, di Palembang sendiri stok prangko ini udah gak ada >.<

      Sukaaaa :) dan aku yakin suatu hari akan bernarsis ria di Jembatan Barelang ini #tekad :D

      Hapus
    2. Itu perangko juga aku beli di efila, Yan....
      Kalo di kantor pos Batam stok perangko terbatas. Udah gitu banyak pula kantor pos yang gak jual perangko...

      Hapus
    3. Aamiin... Semoga kesampaian bernarsis di Jembatan Barelang yaa...
      Ditunggu di Batam.. :)

      Hapus
    4. Oh iya ya. Dulu sempat mau beli di e-fila tapi di Palembang banyak prangko bagus, hanya yang versi jembatan ini gak ada. Kapan2 pingin cetak prisma aja biar bisa jadi maxicard hahaha :)

      Hapus