Rabu, 12 Maret 2014

[Chile] Easter Island - Isla de Pascua



Easter Island atau yang dalam bahasa Spanyol disebut Isla de Pascua adalah sebuah pulau Polinesia yang berada di tenggara Samudera Pasifik. Easter Island atau Pulau Paskah terkenal akan keberadaan 887 patung-patung monumental yang masih ada. Patung-patung itu disebut Moai yang dibuat oleh orang-orang Rapa Nui. Orang Polinesia menetap di Pulau Paskah di melenium pertama Masehi dan menciptakan budaya yang berkembang sebagaimana dibuktikan oleh artefak peninggalan moai.

Namun sayang, seiring aktivitas manusia dan overpopulasi juga atas serangan tikus polinesia sehingga menyebabkan deforestasi bertahap terhadap sumber daya alam sehingga meruntuhkan peradaban Rapa Nui. Pada saat bangsa Eropa mendatangi pulau ini di tahun 1722, populasi pulau tersebut turun menjadi 2000 hingga 3000 orang padahal jumlah masyarakat bisa mencapai 15 ribu orang sebelumnya. Penyakit yang dibawa oleh pelaut Eropa dan perbudakan bangsa Peru dari tahun 1860-an sehingga mengurangi populasi Rapa Nui di tahun 1877.

Pulau paskah adalah salah satu pulau berpenghuni paling terpencil di dunia. Jarak tanah terdekat adalah Pulau Pitcairn yang berada 2.075 km jaraknya dan titik benua terdekat terletak di pusat kota Chile yakni 3.512 kilometer jaraknya. Karena itulah Pulau paskah adalah wilayah khusus Chile yang dianeksasi pada tahun 1888. Secara administratrif, pulau tersebut milik daerah Valparaiso yakni satu-satunya komune provinsi Isla de Pascua. Sensus penduduk terakhir, pulau ini dihuni oleh 5800 penduduk dimana 60 persennya adalah keturunan asli Rapa Nui. 

Patung-patung Moai ini termasuk di dalam Rapa Nui National Park yang pada tahun 1996 ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan situs dunia yang harus dilindungi. Ini adalah kartu pos yang sangat luar biasa. Saya pribadi sudah 'mengenal' pulau ini sejak SD melalui sebuah buku. Hal unik lain yang ada di kartu pos ini adalah prangkonya yang memperlihatkan The Fenix Capsule.

The Fenix Capsule sendiri adalah tiga kontainer logam yang digunakan untuk menyelamatkan 22 penambang yang terperangkap di perut bumi setelah terjadi kecelakaan pertambangan Copiapó di tahun 2010 silam. Kapsul ini dibuat oleh Astilleros y Maestranzas de la Armanda Chilena (Asmar) yang merupakan galangan kapal dan Arsenals dari angkatan laut Chile. Kapsul ini dinamakan Fenix karena terinspirasi dari burung Phoenix yakni burung legendaris yang bisa lahir kembali dari abu kematiannya. 

Beautiful postcard :) Carol, Gracias nuevamente por esta hermosa postal :) yo sabía de este lugar desde que era la escuela primaria y ahora, tengo una postal de la isla de Pascua. Yeaaayy ^ ^ Estoy feliz por eso. Una vez más, muchas gracias por su amabilidad. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar