Jumat, 14 Maret 2014

[Guatemala] Traditional Costume of Huipil



Guatemala adalah sebuah negara yang berada di tengah Amerika Tengah yang berbatasan langsung dengan Meksiko di utara dan barat, Samudera Pasifik di barat daya, Belize di timur laut, Karibia di sebelah timur dan El-Salvador di tenggara. Negara yang pernah menjadi tempat peradaban suku Maya dan juga peradaban Mesoamerika ini merdeka dari Spanyol pada tahun 1821. Pada awal abad ke-20, Guatemala memiliki campuran pemerintahan yang demokratis serta serangkaian kepemimpinan diktator.

Dari tahun 1960 sampai tahun 1996, Guatemala mengalami perang saudara yang terjadi antara pemerintah dan pemberontak sayap kiri. Setelah perang, Guatemala mengalami perbaikan dalam pertumbuhan ekonomi dan pemilu demokratis yang sukses. Nama Guatemala sendiri berasal dari bahasa Nahuatl Cuauhtēmallān yang berarti "Place of Many Trees" terjemahan dari K'iche 'Maya K'iche' yang berarti 'Banyak Pohon'.

Nah, yang diperlihatkan di kartu pos ini adalah ibu dan anak yang memakai pakaian tradisional Huipil. Sang ibu terlihat sedang merajut. Huipil sendiri mrupakan pakaian tradisional paling umum yang dipakai oleh perempuan adat dari Meksiko hingga ke negara-negara Amerika Tengah lainnya termasuk juga Guatemala. Ini adalah pakaian tunik longgar yang umumnya terbuat dari dua atau tiga poting kain persegi panjang yang kemudian digabung bersama-sama dengan jahitan, pita atau strip kain.

Huipil telah dipakai oleh perempuan adat dari wilayah Mesoamerika (Meksiko tengah ke Amerika Tengah) baik itu perempuan golongan sosial tinggi atau rendah sejak sebelum kedatangan bangsa Spanyol ke Amerika. Huipin paling sering digunakan oleh suku Maya di Guatemala. Huipil tradisional umumnya mengidentifikasi kelompok adat dan komunitas pemakainya karena masing-masing memiliki ciri desain sendiri untuk tenunan atau sulamannya. Misalnya saja Jamiltepec di Oaxaca memiliki tabu huipil yang dibuat langsung disana. 

Kartu pos yang sangat cantik :) dua prangko yang digunakan juga bagus. Salah satunya berbentuk lupis yang bertuliskan Zomara de Leon yang sayangnya tidak saya temukan informasinya. Prangko lainnya bertuliskan Pinabete atau Abies Alba yakni pohon cemara yang berbentuk piramida dengan tinggi pohon bisa mencapai 50 meter. It's beautiful postcard and stamps, Ale. Es postal maravillosa, Ale. Muchas gracias, me encanta esta postal :) gracias por el intercambio conmigo y su amabilidad ^ ^

Updated on 18 August 2014



Saya mendapatkan kiriman kartu pos ini dai Pablo, murid sekolah Ale dimana hal ini termasuk dalam projek sekolah yang digagas oleh Ale. Kartu pos dengan tumpukan prangko yang keren ini memperlihatkan wanita dan anak yang ada di Totonicapan yakni sebuah kota di Guatemala. Kota ini berfungsi sebagai ibukota departemen Totonicapan dan sebagai kursi administrasi untuk kota sekitarnya Totonicapan. Secara historis, Totonicapan dikenal karena sumber air panas. Me encanta esta postal y también los sellos. Muchas gracias Pablo :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar