Rabu, 26 Maret 2014

[Honduras] Map Postcard From Honduras



Honduras atau yang secara resmi bernama Republik Honduras adalah sebuah negara yang terletak di Amerika Tengah. Negara ini juga dikenal dengan nama Spanish Honduras untuk membedakannya dengan British Honduras yang menjadi bagian dari negara Belize. Seperti yang terlihat di peta yang ada di kartu pos, negara ini berbatasan langsung dengan Guatemala di sebelah barat, El Salvador di sebelah barat daya, Nikaragua di tenggara, Samudera Pasifik di Teluk Fonseca dan Teluk Honduras di sebelah utara.

Honduras adalah rumah bagi beberapa budaya asli yang terkenal terutama Suku Maya. Sebagian besar negara itu ditaklukkan oleh Spanyol Sekaligus yang memperkenalkan bahasa yang kini dominan  dipakai sejak di abad ke-16. Negara ini mandiri pada tahun 1821 dan telah menjadi republik di akhir kekuasaan Spanyol. Honduras sendiri secara harafiah berarti "Kedalaman" dalam bahsa Spanyol. Hal ini didapat dari kutipan kata-kata Columbus yang berkata, "Gracias a Dios que hemos Salido de esas Honduras" yang berarti, "Terima kasih Tuhan kita telah keluar dari pedalaman tersebut."

Pendapat lain diutarakan oleh William Davidson yang mencatat bahwa ada bentuk kutipan lain dalam dokumen utama pelayaran Columbus. Selain itu, diduga Honduras berasal dari kata fondura, kata bahasa Leonese yang berarti pelabuhan yang merupakan salah satu kata-kata pertama untuk daerah muncul pada peta di dekade kedua abad ke-16 dan telah diterapkan di Teluk Trujillo. Di akhir abad ke-16, Honduras digunakan untuk nama seluruh provinsi. Sebelum 1580, Honduras disebut bagian timur provinsi dan Higueras disebut bagian barat.

Kartu pos yang bagus :) Prangko pertama memperlihatkan Jeanette Kawas National Park (Parque Nacional Jeannette Kawas) yakni taman nasional yang terletak di kota Tela di pantai Karibia utara dari Honduras. Prangko kedua bergambar The Eyed-Tree Frog (Agalychnis Callidryas) yakni katak berwarna merah dengan kulit berwarna hijau cerah. Terima kasih banyak atas kartu pos ini Ce'sar. Juga Yanita yang sudah memperkenalkan aku dengan Ce'sar. Ce'sar, muchas gracias por esta bonita postal. I like it :) espero que algún día podamos intercambiar postal directamente ^^

5 komentar:

  1. Unik banget ya desain kartu posnya, jadi ingat dulu saya sering mengumpulkan kartu pos gitu tapi sekarang koleksinya sudah entah kemana, dan ternyata masih banyak ya ornag yang mengumpulkan, baca suku Maya pengen banget suatu hari nanti berselancar ke sana melihat suku adat di sana

    BalasHapus
  2. Wah, senangnya mendapat kiriman kantor pos dari luar negeri
    Tak hanya bisa bertukar cerita ya kak, tapi jadi tahu betapa uniknya kartu pos nya
    Dulu aku juga sering berkirim kartu pos, tapi hanya teman-teman di Indonesia saja sih

    BalasHapus
  3. Senangnya dapat kiriman kartu pos dari teman sesama penyuka atau tukar kartu pos dari Honduras. Ternyata ada beberapa arti dari kata Honduras, sesuai dengan yang menemukan negara ini.

    BalasHapus
  4. Selalu penasaran dengan suku-suku lokal di negara2 latin seperti Honduras ini. Apalagi banyak kebudayaan Suku Maya yang terkenal di Dunia. Dari sebuah kartu pos saja sudah bisa banyak cerita seperti ini ya..

    BalasHapus
  5. amerika ini kayaknya kebanyakan berbahasa spanyol ya karena dulu dijajah spanyol. jadi penasaran nih sekarang yayan masih sering tukar kartu pos nggak ya?

    BalasHapus