Kamis, 06 Maret 2014

[Germany] Beautiful Neuschwanstein Castle



Kastil Neuschwanstein adalah kastil atau istana abad ke-19 Romanesque Revival yang terletak di atas bukit di desa Hohenschwangau dekat Fussen di barat daya Bavaria, Jerman. Romanesque Revival atau Neo-Romawi sendiri merupakan gaya bangunan abad ke-19 yang terinspirasi arsitektur Romawi abad ke 11 dan abad ke-12. Gaya Romanesque Revival cenderung memiliki lengkungan dan jendela sederhana daripada bangunan istana atau kastil lainnya. Pembuatan kastil ini diprakarsai oleh Ludwig II of Bavaria ketika beliau mundur dari kekuasaan sekaligu sebagai bentuk penghormatan kepada Richard Wagner

Istana/kastil ini sebelumnya merupakan tempat perlindungan raja dan bersifat pribadi. Namun kasti ini dibuka untuk umum pasca kematiannya di tahun 1886. Sejak itu, lebih dari 1,3 juta orang mengunjungi kastil ini setiap tahun. Karena keindahannya yang luar biasa, Kastil Neuschwanstein ini menjadi inspirasi pembangunan Sleeping Beauty Castle di Disneyland. Saya pikir, Istana Boneka di Taman Mini Indonesia Indah juga sekilas nampak seperti Kastil Neuschwanstein. :) 

Pada abad ke-19, banyak istana baru yang dibangun atau juga proses rekonstruksi istana lama. Sebetulnya, pembangunan istana serupa dengan Neuschwanstein telah dilakukan di beberapa negara bagian jerman termasuk Kastil Hohenschwangau, Kastil Lichtenstein, Kastil Hohenzollern dan bangunan-bangunan lainnya di sepanjang Sungai Rhine seperti Kastil Stolzenfels. Inspirasi pembangunan Neuschwanstein ini berasal dari dua perjalanan di tahun 1867 yakni di bulan Mei ketika Istana Wartburg akan direstorasi. Lalu di bulan Juli saat Eugene Viollet Le Duc akan mentransformasi reruntuhan Kastil Cheateau de Pierrefonds. Yup, jadi pembangunan Kastil Neuschwanstein ini didasari dari berbagai inspirasi dari istana-istana yang sudah ada.

Raja melihat kedua bangunan itu sebagai interpretasi romantis abad pertengahan ditambah mitologi musik dari sahabat raja -Richard Wagner sehingga pada bulan Februari 1868, ketika Raja Ludwig I wafat, ada tanah hibah yang kemudian dimanfaatkan oleh Ludwig II untuk memulai pembangunan proyek perlindungan pribadi dengan lanskap seluruh kota. Hingga terbangunlah Kastil Neushcwanstein yang luar biasa indah dan megah ini. Dikelilingi pegunungan, menjadikan istana ini tak ubahnya istana negeri dongeng yang tersaji nyata. Keren!

Prangko kartu pos ini memperlihatkan Ballonblume atau Bunga Balon yakni bunga dari spesies genus monotypic Platycidin dari keluarga Bellflower (Campunalaceae) yakni nama dalam bahasa Jerman yang berasal dari kuncup bunga yang mengembung bahkan sebelum berkembang. Heh? seperti apa? silahkan lihat gambarnya di sini. Kartu ini dikirimkan oleh Liz yang tinggal di Jerman. Saya suka sekali dan saya memang cinta kastil :) jadi, ini adalah salah satu kartu pos terbaik yang pernah saya punya ^^ Liz, vielen Dank für diese schöne postkarte. erstaunlich, und ich liebe diese postkarte. Dies ist eine meiner Lieblingskarten jetzt :)

2 komentar:

  1. Ini keren banget, Yan! sumpah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini open swap yang di grup postcrossing mbak :) kebetulan aku lihat dan dia suka salah satu kartu posku :)

      Hapus