Jumat, 14 Maret 2014

[Puerto Rico] The Revolutionary Flag of Lares



Bendera Puerto Rico melambangkan pulau dan orang-orang yang berada di Puerto Rico. Yakni sebuah negara persemakmuran dengan wilayah terorganisasi di bawah naungan Amerika Serikat. Bendera umum yang digunakan sekarang mewakili orang pesemakmuran Puerto Rico. Sedangkan bendera kota masing-masing mewakili berbagai daerah di pulau ini. Ada lagi bendera politik yang mewakili keyakinan politik rakyat. Tidak hanya sampai disitu, negara ini juga memiliki bendera khusus olahraga. 

Bendera ini diadopsi oleh persemakmuran Puerto Rico di tahun 1952. Namun, jauh sebelumnya di tahun 1868, bendera Puerto Rico pertama yang dikenal dengan nama "The Revolutionary Flag of Lares" sudah dirancang oleh Dr. Ramon Emeterio Betances yang kemudian dibordir oleh Mariana 'Brazos de Oro' Bracetti. Bendera inilah yang digunakan dalam pemberontakan Puerto Rico terhadap kekuasaan Spanyol yang dikenal dengan nama "El Grito de Lares"

Juan de Mata Terreforte, seorang veteran yang diasingkan dari El Grito de Lares dan Wakil Presiden Komite Revolusioner Puerto Rico di New York Citu kemudian mengadopsi bendera Lares sebagai bendera Puerto Rico sampai tahun 1892. Kemudian pada tanggal 24 Maret 1897 selama pemberontakan "Intentona de Yauco" penggunaan bendera Puerto Rico dilarang dan satu-satunya bendera yang diizinkan dikibarkan di Puerto Rico adalah bendera Spanyol (1492-1898) dan bendera Amerika Serikat (1898-1952).

Hingga kemudian di tahun 1952, Commonwealth of Puerto Rico mengadopsi desain bendera yang sama yang kemudian diresmikan pada tahun 1892 oleh Komite Revolusioner Puerto Rico sebagai standar resmi bendera tanpa menentukan nada warna yang akan digunakan.  Bendera ini menggunakan warna segitiga yang oleh administrasi Luis Muñoz Marín kemudian memakai warna biru tua yang sama seperti dalam bendera Amerika Serikat, bukan biru muda asli, sehingga menciptakan kontroversi politik yang telah berlangsung selama bertahun-tahun.

Pada tahun 1995, pemerintah Puerto Rico lalu mengeluarkan peraturan mengenai penggunaan bendera Puerto Rico berjudul, "Reglamento sobre el Uso en Puerto Rico de la Bandera del Estado Libre Asociado de Puerto Rico" di mana ditetapkanlah spesifikasi warna yang akan digunakan. Lalu, Masing-masing dari 78 kota dari Puerto Rico telah mengadopsi bendera yang mewakili wilayah dan rakyatnya. Sebagian besar desain dari bendera tersebut berasal simbolisme mereka dari daerah Coat of Arms.

Rata-rata bendera nasional memang memiliki sejarah panjang ya. Seperti halnya bendera Merah Putih, bendera kebangsaan Indonesia. Eh ya, uniknya, saya mendapatkan kartu pos bendera Puerto Rico ini dari Palestina! it's one of suprise card that I received. Mr. Bahjat, terima kasih banyak atas kejutan yang sungguh tidak terduga ini :) شكرا جزيلا لهذا بريدية مفاجأة. أنا أحب هذه البطاقة البريدية

Tidak ada komentar:

Posting Komentar