Selasa, 04 Maret 2014

[Slovenia] Kranj, Sem Se Zaljubila!



Kranj adalah kota terbesar keempat yang berada di Slovenia. Tepatnya berada sekitar 20 kilometer arah barat laut dari Ljubljana, ibukota Slovenia. Kota yang memiliki banyak nama ini (dikenal juga dengan nama Carnium, Creina, Chreina atau Krainburg) merupakan bagian dari wilayah tradisional Upper Carniola dan merupakan kota industri yang signifikan dan juga terkenal dengan hasil tanaman karetnya. Kranj dibangun pada pertemuan Sungai Kokra dan Sungai Sava sekaligus dikenal sebagai kota tua abad pertengahan yang terawat dengan sangat baik.

Mengenai asal usul kota ini, sudah dibuktikan dalam sejumlah sumber tertulis dalam abad ke-5 atau sekitar rahun 670 sebagai kota Carnium. Temuan arkeologis menunjukkan bahwa Kranj sudah dihuni di zaman prasejarah. Diantaranya penemuan kapak perunggu di Drulovka, pemakaman di era Hallstatt di bagian utara kota di tepi Sungai Kokra. Pada abad ke-6, sebuah pemukiman Jermanik besar berdiri di kota ini. Dan ditemukanlah pemakaman Ostrogothic di dekatnya. Tempat ini pembangunannya dilanjutkan oleh Lombardia hingga tahun 580 SM ketika dihancurkan oleh invasi Slavia. 

Coba resapi keindahan kota Kranj melalui video berikut ini :)

Kota cantik ini sempat menjadi saksi peristiwa sejarah mengerikan ketika terjadi pemberontakan petani di abad ke-16. Pada saat itu, pemimpin pemberontakan dipenggal di Kranj. Ini terjadi pada tahun 1515. Pada tahun 1668 setengah dari jumlah seluruh rumah di Kranj dihancurkan oleh api dan lagi-lagi seluruh kota terbakar pada tahun 1749. Penduduk kota Kranj juga pernah terkena wabah beberapa kali diantara tahun 1552 hingga 1657. Di pertengahan abad ke-16, sebagian besar warga kota dikonversi keyakinannya ke Protestan. Reformasi yang dipimpin oleh Gaspar Rokavec ini menimbulkan kontra-reformasi yang besar. 

Kepedihan beralih menjadi kebahagiaan seiring berjalannya waktu. Saat ini, Kranj menjadi kota yang penting dalam bidang ekonomi dan pariwisata. Ketika sebuah pabrik kulit didirikan pada tahun 1875, industrialisasi berskala besar terbentuk pasca perang dunia pertama. Hingga sekarang, Kranj menjadi salah satu kota andalan Slovenia. Luar biasa! saya jadi jatuh cinta, sem se zaljubila :) oh ya, prangkonya juga bagus. Prangko pertama bertuliskan Arnoldvuga Vlado Trifkovic, sayang saya tidak menemukan informasi mengenai prangko ini. Prangko kedua memperlihatkan Asplenium Adiantum-nigrum yakni spesies pakis yang dikenal dengan nama Spleenwort Hitam. 

Kartu pos yang memperlihatkan suasana sebuah kota beserta pemandangan yang indah semacam ini adalah jenis kartu pos yang paling saya sukai. Saya mendapatkan kartu pos ini dari Kristijan, postcrosser yang tinggal di kota Kranj. Kristijan, najlepsa hvala za to lepo razglednico. Jaz sem se uradno zaljubil v Kranj upam, da bom nakega dne lahko obiskal to cudovito mesto. Ta kartica bo ena izmed mojih najljubsih. Ljubim to razglednico! ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar