Senin, 03 Maret 2014

[Thailand] The Cherry Blossom in Chiang Mai



Kota Chiang Mai yang berada di Thailand kadang-kadang dikenal juga dengan nama "Chiengmai" atau "Chiangmai". Kota ini merupakan ibukota provinsi bernama sama dan dulunya merupakan ibukota Kerajaan Lanna (1296-1768) sekaligus merupakan bagian dari Kerajaan Chiang Mai dari tahun 1774 sampai 1939. Kota ini terletak di sepanjang Sungai Ping yang merupakan anak sungai utama dari Sungai Chao Phraya. Ciang Mai sendiri berarti "Kota Baru" dan dinamakan demikian karena kota ini didirikan pada tahun 1296 untuk menggantikan kota lama Chiang Rai (didirikan tahun 1262) di ibukota Kerajaan Lanna.

Raja Mengrai mendirikan kota Chiang Mai pada tahun 1296 di lokasi kota tua yang biasa disebut orang Lawa Wiang Nopburi. Kota ini dikelilingi oleh parit dan tembok pertahanan. Karena letaknya berdekatan dengan Burma (Myanmar) dan menjadi ancaman serta kekhawatiran akan kedatangan Kekaisaran Mongol yang dekade sebelumnya telah menaklukan sebagian besar Yunnan lalu begitu Kerajaan Lanna berakhir dan kota kehilangan penduduk, kota ini sempat diduduki Burma pada tahun 1556.

Selanjutnya, kota ini secara resmi menjadi bagian Siam (Thailand) pada tahun 1775 oleh perjanjian dengan Chao Kavila setelah Raja Thailand Taksin membantu mengusir Burma. Lagi-lagi, karena serangan balik Burma, Chiang Mai ditinggalkan antara tahun 1776 dan 1791. Kota Lampang kemudian menjadi ibukota Lanna. Lalu, Chiang Mai kemudian berlahan-lahan tumbuh dalam hal budaya, perdagangan dan ekonomi sehingga akhirnya menjadi ibukota tidak resmi Thailand Utara, kota penting kedua setelah Bangkok.

Kartu ini dikirimkan oleh Pitsa, postcrosser yang bekerja di Grand Palace, Bangkok. Seperti yang ditulis oleh Pitsa di kartu pos, saya jadi tertarik dan penasaran dengan The Cerry Blossom yang disebut-sebut mirip dengan bunga Sakura itu. The Cherry Blossom ini banyak tumbuh di Chiang Mai, tepatnya di daerah Baan Khun Chang Kian. Tanaman yang hanya tumbuh di bulan Januari hingga Februari ini. The Cherry Blossom (Prunus cerasoides) yang sering disebut Ceri Liar Himalaya ini memang banyak timbuh di India, Cina, Myanmar dan Thailand. Keren sekali!

Pitsa, พิซซ่า, ขอบคุณมาก (อีกครั้ง!) สําหรับโปสการ์ดนี้ดีและยังไม่สิ้นสุดความประหลาดใจสำหรับผม :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar