Jumat, 14 Maret 2014

[France] Notre Dame de Paris



Notre Dame de Paris atau Our Lady of Paris adalah sebuah katedral Katolik bersejarah di bagian timur Île de la Cité di arondisemen keempat Paris. Katedral Notre-Dame atau yang lebih dikenal dengan nama Notre Dame ini dianggap menjadi salah satu contoh terbaik dari arsitektur Gothic Perancis dan adalah salah satu gedung gereja terbesar dan paling terkenal di dunia. Naturalisme patung dan kaca patrinya kontras dengan arsitektur Romawi sebelumnya sehingga membuat katedral ini memiliki ciri yang sangat khas. 

Sebagai katedral Keuskupan Agung Paris, Notre Dame adalah paroki yang berisi cathedra atau kursi resmi dari Uskup Agung Paris. Pada tahun 1790-an, Notre Dame sempat mengalami penodaan selama fase radikal dari Revolusi Perancis ketika banyak pencitraan keagamaan yang rusak dan hancur. Sebuah restorasi yang luas diawasi oleh Eugene Viollet le Duh dimulai pada tahun 1845. Restorasi lanjutan dan pemeliharaan kembali dilakukan pada tahun 1991. 

Notre Dame adalah bangunan pertama di dunia yang menggunakan flying buttress/Sudut Terbang (yakni gaya eksterior melengkung). Banyak patung-patung kecil dibuat dan ditempatkan di luar sebagai pendukung kolom dan spouts air. Katedral inilah yang menjadi setting cerita The Hunchback of Notre Dame atau Si Bongkok dari Notre Dame yakni salah satu Gothic Novel perancis yang dibuat oleh Victor Hugo dan pertama kali diterbitkan pada tanggal 14 Januari 1831. Salah satu cerita yang menemani masa kanak-kanak saya dulu :) 

Mengenai prangkonya, sayang saya tidak menemukan informasi mengenai deretan empat prangko bergambar sama itu. Prangko kedua yang bergambar Pierre Alain Sabbagh (18 Juli 1918 - 30 September 1994) adalah tokoh penting bagi televisi Perancis karena beliau dikenal sebagai jurnalis, produser dan sutradara. Perpaduan kartu pos dan prangko yang sangat menarik. Vuong, terima kasih banyak atas kartu pos ini. Saya suka :) Il s'agit d'une belle carte postale, Vuong. Merci beaucoup, j'aime cette carte postale. Espérons que, un jour, je peux voir directement cette cathédrale :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar