Senin, 03 Maret 2014

[China] Shanghai City and Old Village


Shanghai adalah kota terbesar yang terdapat di Republik Rakyat Cina tepatnya berada di tepi delta Sungai Yangtze. Secara administratif, Shanghai adalah salah satu dari empat kotamadya Cina yang berstatus sebagai provinsi. Dua karakter Tionghoa dalam kata Shanghai secara harafiah berarti "Atas" dan "Laut" dan nama ini sudah digunakan sejak Dinasti Song. Kota ini telah menjadi kota administrasi dan perdagangan utama sejak berabad-abad yang lalu. Pada abad ke-19 kapal-kapal dari Eropa berlabuh di Shanghai sehingga hal ini menguntungkan bagi perekonomian Sanghai.

Kota ini adalah salah satu kota yang dibuka untuk perdagangan luar negeri menyusul kemenangan Inggris atas Cina dalam Perang Opium I dan terjalinnya Perjanjian Nanking pada tahun 1842 yang kemudian terbentuk Shanghai International Settlement. Shanghai kemudian menjadi pusat keuangan Asia Pasifik di tahun 1930-an. Namun, dengan pengambilalihan Partai Komunis China daratan pada tahun 1949 dan perdagangan melemah, pada tahun 1990-an, reformasi ekonomi yang diperkenalkan oleh Deng Xiaoping mengakibatkan pembangunan kembali intens dan mengembalikan investasi asing ke kota ini.



Kartu pos kedua ini memperlihatkan kota tua atau desa tradisional yang masih berada di Republik Rakyat Cina. Saya suka melihat atap rumah tradisional yang walaupun posisinya rapat dan berdekatan namun masih terlihat rapi. Suasana pegunungan juga menjadikan desa ini terlihat lebih cantik. Sayang, saya tidak mendapatkan informasi mengenai nama desa ini. Walaupun sudah meminta bantuan kepada Google image. Kedua kartu pos di atas adalah beberapa kartu pos hasil swap dari seorang postcrosser asal China bernama Lu Bo Wang




Tidak ada komentar:

Posting Komentar