Kamis, 20 Maret 2014

[Lithuania] Vilnius City



Vilnius City atau kota Vilnius adalah kota terbesar di Lithuania yang sekaligus menjadi ibukota Lithuania. Kota yang terletak di sebelah tenggara Lithuania ini juga merupakan kota terbesar kedua di negara-negara Baltik. Pengaruh Yahudi sangat kental di kota ini. Sampai abad ke-20 kota ini digambarkan sebagai "Jarussalem of Lita". Napoleon bahkan menjuluki kota ini sebagai "Yerussalem dari Utara" saat ia melintasi kota ini di tahun 1812.

Nama Vilnius diambil dari nama Sungai Vilnia yang dalam bahasa Lithuania berarti Gelombang atau vilnyti (Melonjak). Sejarahwan Romas Batura mengidentifikasi kota ini dengan nama Voruta yakni salah satu istana dari Mindaugas yang dinobatkan sebagai King of Lithuania di tahun 1253. Selama pemerintahan Vytenis, perdagangan di kota semakin berhembang dan gereja Katolik Fransiskan pertama dibangun.

Kota Vilnius pertama kali disebutkan dalam sumber tertulis di tahun 1323 ketika surat Grand Duke Gediminas dikirim ke kota-kota Jerman ketika hendak mengundang angota Jerman komunitas Yahudi untuk menetap di ibukota termasuklah Paul Yohannes XXII. Kini Vilnius menjelma menjadi kota kosmopolitan dengan beragam arsitektur. Terdapat 65 gereja di kota ini. Seperti halnya kota-kota abad pertengahan, Vilnius berkembang disekitar Town Hall-nya.

Vilnius Old Town atau pusat sejarah Vilnius adalah salah satu yang terbesar di Eropa. Di sini banyak terdapat situs bersejarah dan budaya bergata baroque ataupun gothic, renaissance dan banyak gaya arsitektur lainnya. Karena keunikannya, oleh UNESCO, di tahun 1994 kota Vilnius ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia yang harus dilindungi. Prangko kartu pos ini memperlihatkan salah satu cabang Olimpiade Musim Dingin (Žiemos olimpinės žaidynės). Dmitrij, thank you so much for this beautiful postcard. :)

Updated on April 30th, 2014



Ini adalah kartu pos terakhir dari sederet rangkaian postcard exchange antara saya dan Dmitrij -postcrosser asal Lithuania. Mengenai kota Vilnius sendiri sudah saya bahas sebelumnya. Yang menarik dari kartu pos ini adalah prangko Apipavidalino I.Balakauskaite yang memperlihatkan topeng ala suku Indian (namun sepertinya berbeda). Terima kasih, thank you Dmitrij :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar