Jumat, 07 Maret 2014

[Kazakhstan] Besbatyr Mausoleums in The Kazakh Uplands



Negara yang bernama resmi Respublikasi Qazaqstan Federalsani ini lebih dikenal secara luas dengan nama Kazakhstan. Negara ini merupakan negara antarbenua karena sebagian besar wilayahnya termasuk dalam kawasan Asia Tengah dan sebagian kecil lainnya termasuk dalam kawasan Eropa Timur. Negara ini memiliki wilayah yang terbentang dari barisan Pegunungan Altai di sebelah timur hingga Laut Kaspia di sebelah barat, menjadikan negara ini sebagai negara terluas ke-9 di dunia dan terbesar ke-2 setelah Rusia sebagai negara pecahan Uni Soviet. Karena itulah sebagian besar wilayahnya berbatasan langsung dengan Rusia. 

Negara yang memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 16 Desember 1991 ini dihuni oleh Bangsa Kazakh sebagai etnik terbesar di wilayah Kazakhstan dan merupakan keturunan dari kabilah Turki dan Mongol. Negara yang penduduknya sebagian besar muslim ini juga berbatasan langsung dengan Republik Rakyat Cina (tepatnya provinsi Xinjiang) dan juga beberapa negara 'Stan' lainnya seperti Uzbekistan, Turkmenistan, Krygzstan dan Laut Kaspia. Saking besarnya negara ini, uniknya tempat peluncuran roket luar angkasa Rusia dilakukan di kota Baikonur yang terletak di Kazakhstan.

Sesuai judulnya, bebatuan yang ada di kartu pos ini adalah Besbatryr Mausoleums atau yang dikenal dengan nama The Mausoleum of Shabanbai Bi. Shabanbai Bi sendiri adalah nama seorang hakim yang terkenal di padang Kazakh dan merupakan kepala klan. Besbatryr Mausoleum sendiri merupakan komplek pemakaman Shabanbai Bi yang terletak di Shabanbai Bi Village/Desa Shabanbai Bi yang berada di kaki bukit Aksoran Mountain yang merupakan titik tertinggi dari pegunungan Kyzylarai, sebuah tempat di Central Kazakhstan yang terkenal sebagai salah satu daerah tujuan wisatawan. 

Kyzylarai sendiri adalah daerah yang termasuk di Kazakh Melkosopochnik atau Kazakh Uplands yang terletak di wilayah Karaganda di Central Kazakhstan. The Kazakh Uplands atau dataran tinggi Kazakh juga dikenal sebagai Kazakh Hummocks yakni formasi paneplain besar sepanjang wilayah timur dan tengah Kazakhstan termasuklah wilayah oasis di dataran rendah dan juga dataran tinggi pegunungan. Kartu pos yang unik dan meninggalkan kesan yang dalam :)

Prangko yang ada di bagian depan kartu pos memperlihatkan Saiga Tatarica yakni kijang terdapat di daerah luas di zona stepa Eurasia tepatnya di kaki bukit Pegunungan Carpathian. Sayang keberadaan kijang ini terancam punah. Prangko kedua yang berada di bagian tengah di belakang kartu pos memperlihatkan Eurasia Curlew (Numenius Arquata) yakni sejenis wader atau burung yang banyak terdapat di Eropa dan Asia. Sayang, saya tidak bisa menemukan dua informasi prangko lainnya. Oxana, thank you so much for this nice postcard and also for the stamps :) I like it!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar