Kamis, 06 Maret 2014

[Russia] Beautiful Aurora



Aurora adalah fenomena alam berupa pancaran cahaya yang berpendar pada lapisan ionosfer dari sebuah planet akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari. Kebanyakan aurora terjadi di sebuah band yang dikenal sebagai zona aurora atau Aurora Borealis  yang biasanya berada di 3 s.d 6 derajat lintang atau bujur. Aurora sendiri berasal dari bahasa latin yang berarti "Sunrise" atau nama Dewi Fajar Romawi.

Di Bumi, aurora biasanya nampak di daerah sekitar kutub utara dan kutub selatan. Aurora biasanya terlihat berwarna kemerah-merahan di ufuk utara seolah-olah matagari akan terbit dari arah tersebut. Aurora borealis biasanya terjadi diantara bulan September hingga Oktober dan Maret hingga April. Fenomena aurora di daerah selatan biasanya dikenal dengan nama Aurora Australis yang memiliki sifat-sifat serupa namun muncul juga di puncak gunung di iklim tropis.

Sebetulnya saya agak kaget mendapatkan kartu aurora ini dari Rusia. Kenapa? soalnya negara yang paling memungkinkan untuk melihat aurora itu berada di Finlandia dan Norwegia. Setelah ditelisik lebih lanjut, ternyata ini aurora yang pernah terlihat di Alaska. Namun, pencarian saya terhenti di sebuah situs yang menuliskan jika "aurora" pernah nampak di kota Moskow, Rusia :) Terlepas dari itu semua, saya mengucapkan terima kasih kepada Maria yang telah mengirimkan kartu pos ini. Это сияние очень красиво :) огромное спасибо, Maria :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar